DALAM HAL PENANGANAN CORONA, RI BERADA DI PERINGKAT KE 60 DIBAWAH UGANDA DAN VIETNAM

Survei “Global Soft Power Index” baru-baru ini merilis bagaimana negara-negara menangani virus Corona (Covid-19). Hasilnya, dari 105 negara, RI berada di peringkat ke-60.

Dalam rilisnya, Brand Finance membukukan RI mendapatkan net score 8%. RI secara berurutan berada di urutan ke-60, di belakang Uganda dan Vietnam yang berada di peringkat ke-58 dan ke-59.

Namun, Indonesia berada di atas Mesir, Chili, dan Pakistan. Ketiga negara tersebut masing-masing berada di peringkat 61,62 dan 63 dengan skor 7%.

Sementara itu, negara dengan penanganan virus korona terbaik jatuh pada Selandia Baru. Negara yang dipimpin oleh Perdana Menteri Jacinda Ardern mendapat skor 43%.

Posisi terakhir adalah Amerika Serikat. Negara yang dipimpin oleh Presiden Donald Trump itu mencetak skor 16%.

Survei yang sama dilakukan terhadap 75.000 peserta masyarakat umum dan 750 profesional. Mereka ditanya bagaimana menangani Covid-19 di negara-negara tersebut, mulai dari ekonomi, kesehatan, perawatan, bantuan, dan kerja sama internasional.

Baca juga : Jadi syarat perjalanan, berikut daftar tempat dan harga rapid test antigen

“Perbedaan mencolok antara persepsi publik tentang bagaimana Selandia Baru dan Amerika Serikat menghadapi pandemi merupakan visi global yang kontradiktif antara kedua negara, dipimpin oleh para pemimpin yang hampir berlawanan,” kata David Hay, CEO Brand Finance, dalam pernyataan yang diterima CNBC Indonesia, Jumat. 18/12/2020).

“Di satu sisi, kami memiliki kebijakan Ardern yang terbuka, liberal, dan penuh kasih versus pendekatan Trump yang seringkali agresif, proteksionis, dan isolasionis. Dengan Presiden Terpilih Joe Biden bersiap untuk mengambil kendali tahun depan, semua mata akan tertuju padanya untuk memulai pemulihan di seluruh negeri.”

Berikut 10 besar negara dengan penanganan terbaik corona:

1. Selandia Baru (43%)

2. Swiss (42%)

3. Jepang (41%)

4. Kanada (39%)

5. Jerman (39%)

6. Finlandia (38%)

7. Norwegia (38%)

8. Singapura (37%)

9. Denmark (37%)

10. Korea Selatan (37%)

Sumber : https://www.cnbcindonesia.com/news/20201218073428-4-209938/ri-peringkat-60-tangani-corona-kalah-dari-uganda-vietnam

Baca juga : Berapa lama masa berlaku hasil rapid test antigen?

 

Check Also

efek tidur telanjang bagi kesehatan

Efek Tidur Telanjang bagi Kesehatan: Mitos atau Fakta?

Tidur telanjang, sebuah kebiasaan yang mungkin masih dianggap tabu bagi sebagian orang. Namun, tahukah Anda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *