TERNYATA 2 HAL INI YANG BIKIN BANTUAN SUBSIDI UPAH KAMU NYANGKUT DI BANK

Menteri Tenaga Kerja (MENAKER) Ida Fauziyah mengungkapkan beberapa faktor yang menyebabkan bantuan subsidi upah / gaji (BSU) tidak masuk ke rekening peserta. Jika Anda pernah mengalami hal ini, sebaiknya hindari beberapa hal.

Ida menjelaskan, ada beberapa kendala dalam penyaluran program BSU, terutama karena rekening calon penerima bantuan yang bermasalah.

“Yang pertama adanya rekening penerima bantuan yang bermasalah, ada duplikasi, rekeningnya sudah tutup, tidak valid, pasif, dibekukan, atau nomor rekeningnya tidak sesuai dengan NIK (Nomor Induk Kependudukan). Ini kendala yang kami hadapi,” kata Ida Fauziyah dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI secara virtual, Rabu (25/11/2020).

Alasan lain bantuan subsidi upah tidak masuk ke rekening adalah karena data yang dikirimkan dari perusahaan pekerja ke BPJS Ketenagakerjaan tidak lengkap.

Ida menjelaskan, “Data yang dikirim oleh BPJS Ketenagakerjaan tidak lengkap.”

Selain itu, Ida menjelaskan selama proses pencairan tunjangan gaji, pihaknya berkoordinasi dengan KPK, BPK dan BPKP. Hal ini dilakukan untuk memastikan terpenuhinya prinsip-prinsip good governance.

“Ada beberapa rekomendasi yang kemudian kami tindaklanjuti, diantaranya adalah diperlukannya pemadanan data dengan data penghasilan pekerja di Ditjen Pajak, sehingga untuk penyaluran BSU tahap kedua tidak sesuai dengan jadwal yang direncanakan karena baru dapat dilakukan setelah adanya hasil pemadanan data dari Ditjen Pajak, selisih beberapa hari saja,” tambahnya (Sumber : detik.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published.