google-site-verification: google3036e111bfc66eba.html

Sumber Daya Yang Harus Dikelola Dalam Menentukan Bahan Baku Yang Berkualitas Untuk Mengolah Makanan Fungsional Adalah

Sumber daya yang harus dikelola dalam menentukan bahan baku yang berkualitas untuk mengolah makanan fungsional adalah

Jawaban : 

Sumber daya yang harus dikelola dalam menentukan bahan baku yang berkualitas untuk mengolah makanan fungsional adalah :

  • Sumber daya alam
  • Sumber daya manusia
  • Sumber daya teknologi

Penjelasan :

Makanan fungsional  adalah pangan dan bahan gizi yang dapat memberikan manfaat tambahan selain bernilai gizi baik dan berpotensi bermanfaat bagi kesehatan. Dalam pengolahan pangan fungsional perlu memperhatikan sumber daya yang akan menentukan kualitas bahan baku pangan. Sumber daya yang harus dikelola untuk mendapatkan bahan baku yang berkualitas terdiri dari :

Sumber daya alam. Pangan fungsional diperoleh terutama dari sayuran, polong-polongan atau kacang-kacangan, biji-bijian, umbi-umbian dan alga. Sumber daya alam ini harus diperoleh dari pertanian yang baik.

Sumber daya manusia. Manusia berperan dalam mengelola bahan baku dari alam menjadi makanan utuh yang fungsional. Karena bahan-bahan dari alam tidak dapat dengan sendirinya menjadi pangan fungsional. Oleh karena itu manusia harus dilatih dan dididik untuk dapat menghasilkan pangan fungsional yang bermutu tinggi.

Sumber daya teknologi. Teknologi memainkan peran penting dalam produksi makanan fungsional berkualitas tinggi. Misalnya, minuman yogurt dengan penambahan serat alga membutuhkan teknologi berkualitas tinggi untuk dapat menstandarisasi komponen susu dan serat alga sehingga konsumen dapat menyukainya dan mempertahankan nilai gizinya bahkan melalui teknik memasak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.