Sudah Di Vaksin Tapi Sertifikatnya Ga Muncul Di Aplikasi, Ini Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Sertifikat vaksin tidak ada padahal sudah vaksin. Sertifikat vaksin menjadi barang wajib yang harus dimiliki masyarakat yang hendal beraktifitas sekarang ini. Tapi akhir-akhir ini banyak sekali keluhan masyarakat karena sertifikat vaksinnya ga muncul di aplikasi pedulilindungi, padahal mereka sudah di vaksin.

Sertifikat vaksin diberikan kepada seseorang yang telah divaksinasi COVID-19, baik yang sudah vaksin dalam dosis pertama maupun sudah vaksin kedua. Keberadaannya sertifikat vaksin saat ini tergolong signifikan karena merupakan kebutuhan untuk melakukan perjalanan atau akses ke sejumlah fasilitas umum.

Sertifikat vaksin tidak ada padahal sudah vaksin

Sebagian besar fasilitas umum seperti pasar atau mall mewajibkan pengunjungnya untuk menunjukkan sertifikat vaksin, baik itu vaksin dosis pertama, maupun vaksin dosis kedua.

Lalu kenapa hal ini bisa terjadi dan bagaimana cara mengatasinya?

Dihimpun dari kompas.com, Dedy Permadi selaku juru bicara kementrial komunikasi dan informasi (kominfo) menyatakan bahwa masyarakat yang sudah di vaksin tapi sertifikatnya ga muncul di aplikasi pedulilindungi dikarenakan adanya ketidaksesuaian data yang diberikan kepada petugas saat vaksinasi.

Lebih lanjut, Dedy mengatakan “Nomor HP yang didaftarkan saat melakukan vaksinasi salah atau tidak sesuai dengan yang dgunakan untuk mengakses aplikasi pedulilindungi”

Penyebab lainnya adalah kemungkinan datanya masih dalam proses input oleh petugas kedalam sistem satu data.

Masyarakan yang merasa ada kendala dalam hal ini bisa langsung menghubungi atau melakukan pengaduan melalui email ke sertifikat@pedulilindungi.id

Kepala Dinas Komunikasi dan Pengabdian Masyarakat Kementerian Kesehatan, Dr. Widyawati mengatakan masyarakat dapat mengomunikasikan kendala yang mereka hadapi dengan mengirimkan email ke Sertifikat@pedulilindungi.id.

“Proses perbaikan dapat dilakukan dengan mudah melalui email Certificate@pedulilindungi.id,” ujarnya dalam keterangan tertulis pada 16 Agustus 2021.

Orang yang mengalami masalah dapat mengirim email dalam format:

nama lengkap
NIK KTP
Tempat dan tanggal lahir
nomor handphone
Lampirkan foto dan kartu vaksin
Jadi bisa langsung diproses, laci. Widyawati menambahkan, bisa langsung menyerahkan biodata lengkap, selfie dengan KTP, dan menjelaskan keluhannya.

Cara Mencetak Sertifikat Vaksin Online Melalui Situs pedulilindungi

Selain melalui aplikasi, cara dapatkan sertifikat vaksin Covid-19 juga dapat dilakukan dengan mengakses situs resmi PeduliLindung. Berikut adalah cara-caranya.

  1. Kunjungi website PeduliLindung dengan mengakses link https://pedulilindungi.id/
  2. Di sebagian besar halaman, pilih opsi “Lihat tiket dan sertifikat vaksinasi”.
  3. Ketika Anda mengkliknya, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor ponsel yang terdaftar untuk melakukan program vaksinasi.
  4. Selanjutnya masukkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS untuk proses verifikasi.
  5. Setelah berhasil login, klik menu “Vaccine Certificate” di sebelah kiri.
  6. Nantinya akan muncul sertifikasi vaksin Covid-19 fase awal dan kedua.
  7. Setelah mengikuti langkah-langkah cara download sertifikat vaksin Covid-19 di atas, Anda akan langsung mencetak sertifikat vaksin Covid-19 menggunakan printer khusus, atau membawanya ke penyedia jasa percetakan, seperti warnet atau copy.
  8. Berikut cara download sertifikat vaksin Covid-19 dan cara print sertifikat vaksin Covid-19. Semoga berhasil dan Tuhan memberkati Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published.