google-site-verification: google3036e111bfc66eba.html

Review Laptop Gaming Kelas Terjangkau MSI Katana GF66

Laptop Gaming MSI Katana GF66. Katana adalah nama yang digunakan untuk seri gvfi atau seri laptop gaming high performance. Nah yang kami uji kali ini menggunakan Core i5 generasi ke-11 terbaru yang sudah 6-core 12 Thread dan dia juga pake Nvidia GeForce rtx 3000 series dengan harga kisaran 14 jutaan.

Laptop ini masuk dalam kategori laptop gaming atau high performance yang cukup terjangkau tapi harusnya performs ya udah naik drastis dibandingkan pendahulunya. Laptop yang satu ini memang namanya laptop gaming kelas terjangkau.

Karena laptop gaming murah itu kategorinya ada sekitar 10-15 jutaan, yang menengah itu bisa sekitar 20 jutaan dan level atas itu dikisaran 30juta. Jadi nggak perlu bilang ini mahal, ini mah sedang kategori murah untuk laptop gaming atau hi-performance.

Kalau kalian enggak bisa beli artinya Iya nggak kebeli gitu ya tapi buat apa comment mengenai Apa yang gak bisa dibeli terus komen dimana-mana dong pembahasan pesawat mobil motor rumah dan lain-lain aneh ya.

Oh ya kalau bisa Laptop MSI juga lupakanlah soal engsel ya. Engselnya beres kok yang satu ini, datang ke kami dalam kondisi normal dan nyaman menggunakannya. Kalau dulu pernah ada masalah sebuah perusahaan yang baik tentu akan memperbaikinya.

Nah kita semua pernah melakukan kesalahan di masa lalu kan dan tentunya kita memperbaikinya. Nah biasanya tuh hanya orang-orang iri sama kita, Dia suka ungkit-ungkit kesalahan masa lalu, iya enggak?

Spesifikasi MSI Katana GF66

Nah mari sekarang kita konsen ajak review produk yang satu ini ya. katana GF66 laptop entry-level gaming dari MSI dengan harga terbaru processornya Intel H45 ini generasi ke-11 untuk laptop gaming tapi rating 45wat dan dia juga pakai GForce 3162 series perasaannya dipakai core Core i5-11400H dgn 6 Core 10nm 12 Thread.

Yang pendahulunya cuma ada 4 core 8 tread. Base clock  2,7Ghz dengan maksimum Turbo frekuensinya ada di 4,5 GHz dan untuk smart cache nya 12 MB sudah bukan 8MB seperti yang dulu, jadi naik 50%.

Untuk RAM yang terpasang secara default adalah 8giga ddr4 3200 Mega sodium single-channel. ada dua slot sodium, sehingga bisa diupgrade sampai dengan 64 GB dual channel.

Dalam dan kita akan pakai yang 16giga jadi delapan kali dua. Karena sebaiknya kalau kalian begini langsung upgrade ke 16 GB.

SSID menggunakan 512gb SSD pcie tidak ada slot tambahan, tapi ada ruang dan konektor untuk source sata 2,5 inci. Jadi masih bisa tambah pakai SSD Sata kalau dibutuhkan.

Dan untuk grafiknya memakai Nvidia GeForce rtx 3050 laptop GPU, maximum power limitnya ada di 60watt, ini pakai 4GB Ram DDR 6 2048 CUDA course dan punya fitur Resizable BAR yang sudah diaktifkan di laptop ini.

Lalu Laptop Gaming MSI Katana GF66 juga punya Intel UHD graphics For Eleven Gen Intel processor. IGP graphics masih ada tapi ini agak aneh kenapa kita kasih nama UHD padahal ini Xe Architexture, 16 execution unit dan sudah memiliki dedicated AV1 hardware decoder.

Apalagi ini membuatnya jadi future-proof, kenapa? karena ini adalah kode yang mulai dipakai oleh YouTube dan beberapa software video conference lain yang tujuannya adalah kalau kita streaming video nanti datanya akan lebih kecil tapi butuh dikompres dan dikompres dengan decoder khusus ini.

Kita dapat mencoba AV1 ini dan memang konsumsi datanya itu bisa 20-30% lebih rendah dibandingkan code AV  lainnya, yang umum digunakan oleh YouTube. Dan sekarang kita bisa akses AV1 ini dari YouTube, dicari aja caranya gimana ada kok.

Untuk konektivitas menggunakan Intel WiFi 6 AX201, udah Gigabit WiFi support multi user MU-MIMO bluetooth v5.2.

Nah untuk body 4 faktornya adalah clamshell atau laptop classic ya klasik banget ini, tapi dia bisa dibuka 180° layarnya, terbukanya full dan materialnya policarbonat.

review laptop gaming MSI Katana GF66

Desain MSI Katana GF66

Nah untuk desain ini mirip banget sama GF sebelumnya simple minimalis tanpa aksen gaming atau mencolok kecuali mungkin di part keyboard-nya yang merah. Di bagian belakang ada teknologi ikonik dari MSI Dragon.

Nah untuk warna inilah hitam polos  seluruh bodi dimensi panjang 35,9 cm, lebar 25,9 cm, dan ketebalan 2,49 cm. Untuk bobot laptopnya jadi 2,24 kg, dengan charger yg 300gram, totalnya sekitar 2,54 Kg.

Untuk display ini adalah layar 15,6 inci full HD 1080 PX level berasa IPS lama, 144Hz IPS level, ini jadinya cocok untuk main game yang refreshed nya tinggi. Dan untuk layar ini adalah Layer yang menurut panelook ini 45/46 persen NTSC, belum 70% NTSC tapi sudah lumayan.

Kecerahannya dikisaran 250 Nitt dengan permukaan Matte atau anti-glare, jadi nyaman karena enggak banyak pantulan-pantulan.

Bazel layar kanan-kirinya kekinian banget karena tipis, bazel atasnya agak tebel karena ada kamera 720 pixel. kemudian untuk audio ada dua speaker stereo di bawah kanan kiri Laptop.

Ada software nahimic audio untuk ngatur besar audio, jadi suaranya cukup menggelegar cukup berasa laptop gaming kelas entry ini udah oke banget sih suaranya, walaupun bukan yang paling luar biasa.  Tapi dia sudah mantep apalagi kalau di atas meja.

Nah untuk konektor di kiri ada 1 dc-in, ada satu USB 3.2 Gen 1, 5 Gbps, ada satu USB 2.0 di situ. Lalu di kanan ada satu audio Jack komboy 3.5 mm ada satu USB 3.2 Gen 1 5 Gbps, ada satu USB type-C 3.2 Gen1 5 Gbps, ada satu HDMI up to 4K 60Hz dan ada satu ethernet port.

Untuk keyboard ini adalah keyboard khas MSI. Terdapat border warna merah di tiap tombolnya, enam pad di sebelah kanan dan ada tombol anak panah yang lumayan full-size ukurannya.

Tombol powernya menyatu dengan lewat keyboard terletak di pojok kanan atas bukan di dekat tombol delete. Jadi aman lah ya, ini meminimalkan kemungkinan terjadinya salah tekan.

Terdapat backligh keyboard berwarna merah dengan tiga tingkat kecerahan. Jadi bukan RGB, tapi warnanya merah aja backligh.

Untuk taskpad ukuran ini cukup besar, nyaman digunakan, posisinya center to space bar. Jadi ini nyaman sekali kalau dipakai buat ngetik, enggak ada tombol khusus kanan kiri dan dia sudah support Windows version driver.

Untuk sistem pendingin dia menggunakan pendingin aktif dengan teknologi cooler bus 5 pake 2 fun 4 Heatpipe dengan heat spreader yang menutupi area v-RM dan v-Ram juga disitu.

Intake dari bawah exhaust ke arah belakang dan samping kiri ini menyenangkan tidak ada exhaust kesisi kanan. Jadi kalau kalian Pakai exhaust kanan pasti nggak kena udara panas dari si laptop ini.

Pengujian Performa MSI Katana GF66

Terdapat performance Control pada software MSI center dengan empat konfigurasi preset dan satu konfigurasi manual. Ada pilihan ekstrim performance Balance silent dan super battery, lalu ada user.

Nah disini pengguna dapat secara manual mengatur performance level dengan fan speed sesuai dengan kebutuhan anda. Tiga performance level ada low, medium dan high. Lalu ada tiga fan Speed level yaitu Advance, auto, dan cooler boost.

Untuk konsistensi performa kita tes dulu pakai Cinebench R15 sekalian menguji model user dengan dua performance level yaitu medium dan high. Untuk fan speed kami set di cooler boost saja terus yang maksimum ya.

Di mode medium-scale Cinebench bisa mencapai 1272 poin, ini lumayan tinggi. Skor itu masih bisa lebih tinggi lagi kalau kita pakai mode yang tinggi, bisa mencapai 1494 point .

Sebagai perbandingan Core 17 10750 yang pakai 6 core skor tertinggi di 1366 poin, bisa menjadi tinggi banget sebetulnya. Jadi di mode Hight ada peningkatan sekitar 9,3 persen bahkan dibandingkan dengan Core i7 10750 yang sama-sama 6 core 12 Thread.

Kalau dibandingkan dengan Core i5 10300h skornya jauh banget karena 4 core 8 thread yang dulu yaitu cuma 906 point. Perbedaannya ada dikisaran 64 persen, jauh sekali peningkatannya.

Nah untuk system performance pada mode medium. Nah ini ada disekitaran 1180- 1190 point, Mode hight-nya bisa 1370 sampai 1390 point.

Nah suhu nya gimana kalau kita lagi di Cinebench ini. Dari mode performance Hight dengan fanspeed cooler boost Suhu CPU stabil di Kisaran 93 derajat celcius. Sepertinya MSI ini mengizinkan suhu yang tinggi demi memperoleh performance yang tinggi dan karena laptop gamenya kelas terjangkau, jadi cooling sistemnya juga belum yang terbaik yang ditawarkan oleh MSi.

Ingat tadi lobang di sisi kanan juga nggak ada kan, lobangnya cuma di belakang sama di sebelah kiri doang. Ini memang sebetulnya masih ada dalam batas aman, akan tetapi kami akan sulit menyarankan penggunaan mode performance hight gini, kalau ruangan kalian tidak ber-ac.

Nah kalau kita pakai level performance di medium ya di mode ini terlihat bahwa CPU itu sesekali speknya kisaran 77-87 Celcius kemudian sustain atau bertahan di 65-72 derajat Celcius dan perbedaan performa sebetulnya enggak terlalu signifikan juga di Cinebench, tetap gede-gede juga skornya ya.

Jadi melihat ini kami akan sangat menyarankan untuk penggunaan sehari-hari pakai aja performance level di medium. Nah ini juga yang membuat semua pengujian kita setelah ini akan menggunakan level medium dengan kipas di cooler boost dan kita udah tes juga sih semuanya kedua kedua settingan dan perbedaan tuh nyampe 5%, jadi ya sudahlah pakai medium aja.

Oh ya suhu ruangan saat pengujian kisaran 25-26 lihat Celcius, Jadi bukan suhu ruangan ber-ac yang luar biasa dingin yang normal-normal aja kita. Mulai dari Adobe Premiere Pro 2021 4K, merender video 4K yang 2 menit tujuh detik.

Ini kalau pakai RAM 8 Giga dengan software only itu di 22 menit 17 detik, sementara itu kalau pakai GPU yaitu bisa 3 menit 19 detik. Itu sudah kenceng ini 4K60 dan masih dapat kalau kita pindah ke 16 giga software only itu 13 meniy 03 detik, turun dari 22 ke-13 menit.

Lalu kalau kita pakai GPU nya ditambahkan jadi 2 menit 21 detik, jadi jelas banget begitu kita naik ke 16giga jadi jauh lebih kencang. lalu kalau untuk 1080 px gimana di 8 giga kita pakai software only 5 menit 14 detik dan pakai GPU 1 menit 21 detik.

Sementara itu untuk 16giga dual-channel software only nggak jauh beda 5 menit 25 detik, sementara untuk pakai GPU itu bisa turun ke 1 menit 7 detik. kalau kalian mau pakai 1080 px doang sih Ya mungkin pakai 8Gb masih cukup.

Di Adobe Premiere 2021 posisi ini pada saat exporting kita bisa melihat bahwa CPU ada dikisaran 55-60 8 derajat celcius sementara GPU ada di 69 sampai 62, adi adem gada masalah.

Kemudian kita lihat bahwa dengan CPU Render adalah 4 menit 39 detik sementara itu kalau kita pakai dp-nya juga jadi 1 menit 17 detik sementara itu untuk suhu CPU berada di Kisaran 60-72 celcius jika lebih sekitar 59 sampai 62 Celcius

kita mulai masuk ke gaming sekarang skornya adalah 12320 point, kami tidak ada perubahan yang signifikan saat mengubah performance level pada software MSI center sebagai perbandingan test mp3putri Ayu itu punya skor 10271 poin sementara 1663 IMQ itu sekitar 13130 sembilan poin. jadi skor dia Secara teoritis sedikit lebih rendah dibandingkan GTX 1660 T-IMQ.

Tapi MSI ini sudah pakai arti chord jadi ada refreshing dan ada sensor core yang bisa mendukung DSS jadi performers ya bisa berbeda banget pada saat ketemu dengan game yang sudah kekinian. jadi pada pengujian kita mendapatkan bahwa suhunya bisa di-suspend di kesalahan 62-64 celcius.

Lalu kita masuk ke gaming tesnya aja deh langsung game  Dota2 1080 Px fastest dengan Resolusi 100% 120-150  bahkan bisa 200 FPS. Kemudian shadow.com Rider 1080 P HRC medium idop racing ya di sini ya 60-70 vs sesekali drop dibawa 60 Tapi cuma sampai 58 FPS. kemudian Assasin’s Creed valhalla 1080 P medium ada di 55 sampai 70fps.

Nah ini bisa kita pakai buat ngetes suhu karena ya dia memang membuat semua jadi lebih panas ya. kita lihat suhu pada saat akses dimainkan 30 menit CPU berada di Kisaran 68-78 celcius, sementara GPU di 67-69 derajat Celcius masih aman enggak ada masalah.

Nah untuk Assasin’s kita pakai 30 menit kita mainkan suhunya sekitar 30° Celcius atau kurang sementara itu tombol wsd dan sekitarnya disekitar 37-40 Celcius. area terpanas itu ada sekitar tengah atas keyboard dekat huruf O.  Suhu tertinggi yaitu mencapai 48 derajat Celcius, ini masih tegolong nyaman karena mayoritas game dimainkan dengan tombol ASDW dan satunya tangan kanan kita akan pegang Mouse biasanya.

Baterai

Untuk baterai tes gimana ya baterai inilah butter 52 What hour performance control kami set dibales lalu berat S50 dan volume 20kita mendapatkan video playback 1080 P itu bisa sekitar 6 jam. Ini adalah sebuah selang standart laptop gaming kelas entry level dengan layar 14 inc dan performa yang sekenceng ini ya

Untuk charging ini adalah charger 150watt nah ini kita bisa lihat buat 30 menit pertama dia bisa mengisap 54 persen ini adalah termasuk pengisian daya yang kencang untuk 30 menit awal sebuah laptop gaming ya ini setara dengan video playback sekitar tiga jam. sementara itu dalam dua jam baterai terisi sampai 99% dan untuk membuat dia 100% full itu kita butuh extra 20 menit. Jadi 140 menit atau 2 jam 20 menit hasil yang Oke normal wajar.

Harga

Harganya berapa tadi kita berempat besutan ya tepatnya di 14041984 termasuk Windows 10 . Nah untuk hal yang perlu diperhatikan ya seluruh pengujian kami lakukan dengan konfigurasi RAM 16 GB tapi kita cenderung di 16- 32 channel.

pastikan aja kalau kalian beli ini upgrade langsung ke 16GB biar hasil performancenya langsung Mantap dan kalau software kalian hajar secara gila-gilaan dengan performance level high laptop ini akan mengijinkan suhu yang lebih tinggi. Jadi ada baiknya kalian setting ke medium untuk penggunaan harian lalu desain keyboard nya dengan free merah untuk yang kami uji.

Nah mungkin ini bukan untuk semua orang tapi ini preferensi pribadi aja kalau saya enggak ada masalah dengan kayak gini tapi mungkin ada yang lebih suka bukan merah. untuk poin menarik kita bisa lihat bahwa design-nya simpel dan minimalis tipi cukup profesional.

sebetulnya kombinasi CPU dan GPS sangat oke apalagi untuk game dan content Creation, dia pake CPU Intel Core generasi ke-11 yang telah yang memiliki banyak peningkatan dibandingkan generasi sebelumnya. arsitektur baru jumlah pori banyak.

performance-nya jauh diatasnya ya kalau dia juga liat f30 laptop GPU  udah ada ray-tracing sama dls, jadi jalan game sport  tinggi dan gameplay itu nyaman. Masih ada satu slot Sata 2 setengah inci untuk ekspansi layar 14 inc. ada performance control yang sangat configurable, suhu kerja di mode medium tergolong rendah.

Kesimpulan MSI Katana GF66

Laptop gaming kelas terjangkau yang powerful hadir dengan prosesor baru Intel Core i5 12 threath  membuat performa dan fiturnya jadi kekinian sekali. jadi tidak bermasalah dengan layar yang 40% NTSC sebetulnya. IPS elemen konsisten , jadi bisa cukup cocok untuk video editor bahkan mengedit 4K juga udah cukup kencang.

Katakan layarnya betul bagus dia tinggal tancep aja layar eksternal sebetulnya. dia juga cocok untuk programmer kalau kalian butuhkan paling cepat karena ia kenceng banget  dan untuk edit foto, edit audio dan juga untuk pekerjaan yang berat lainnya dia cocok banget dan tentunya cocok buat gamer bahkan ke level kompetitif sekalipun masih bisa. jadi opsi yang baik untuk kalian mencari laptop berperforma tinggi dengan dana di bawah 15 juta rupiah, MSI Katana GF66 recomended sekali.

Keyword penelusuran : kelebihan laptop gaming redmi g laptop gaming macam macam laptop gaming laptop gaming keren rekomendasi laptop gaming 6 jutaan laptop gaming 14 inch terbaik laptop gaming murah 5 jutaan 2021 laptop gaming 10 jutaan ssd cooling fan laptop gaming rekomendasi laptop gaming bekas harga laptop gaming murah 5 jutaan laptop gaming 8 juta 2019 laptop gaming amd ryzen 5 laptop gaming 9 jutaan terbaik 2020 laptop gaming murah terbaru toko laptop gaming jakarta jual laptop gaming bekas jakarta laptop gaming murah dibawah 3 juta laptop gaming 3 jutaan nvidia spek laptop gaming murah laptop gaming terbaik 15 jutaan harga laptop gaming dibawah 5 juta laptop gaming terbaru 2018 laptop gaming murah 7 jutaan 2019 laptop gaming 6 juta rekomendasi laptop gaming 10 jutaan laptop gaming murah 3 jutaan 2018 daftar laptop gaming murah laptop gaming murah terbaik 2020 benchmark laptop gaming laptop gaming atau pc gaming laptop gaming dibawah 10 jt memilih laptop gaming laptop gaming terbaik 2018 murah laptop gaming murah 5 jutaan ram 8gb laptop gaming termurah 2020 rekomendasi laptop gaming dibawah 10 juta laptop gaming dibawah 4 jutaan laptop gaming 10 juta 2019 spek laptop gaming terbaik laptop gaming murah berkualitas laptop gaming di bawah 3 juta daftar laptop gaming 5 jutaan rekomendasi laptop gaming 4 jutaan best laptop gaming low price spesifikasi minimal laptop gaming spek minimal laptop gaming laptop gaming asus 5 jutaan laptop gaming 25 jutaan laptop gaming pubg laptop gaming asus dibawah 5 juta list laptop gaming laptop gaming rtx 2060 termurah laptop gaming 8 juta laptop gaming i7 10 jutaan laptop gaming gratis laptop gaming harga 10 jutaan laptop gaming amd murah laptop gaming 4 juta laptop gaming harga 6 jutaan laptop gaming dibawah 6 juta laptop gaming dibawah 6 jutaan laptop gaming second murah berkualitas laptop gaming i5 murah laptop gaming semarang laptop gaming rekomendasi 2019 prosesor laptop gaming laptop gaming terbaik 5 jutaan laptop gaming rog terbaik laptop gaming 11 jutaan 2020 laptop gaming ssd murah toko laptop gaming surabaya laptop gaming murah nvidia laptop gaming 6 jutaan terbaik laptop gaming spek dewa laptop gaming 7 juta laptop gaming 2 juta rekomendasi laptop gaming 5 jutaan laptop gaming 5 juta toko laptop gaming jogja laptop gaming yang murah laptop gaming 3 jutaan terbaik 2020 laptop gaming terbaik murah 2020 cara merakit laptop gaming fungsi laptop gaming jual laptop gaming bandung laptop gaming terbaik 7 jutaan laptop gaming 3 juta merk laptop gaming terbaik 2018 laptop gaming paling bagus tips memilih laptop gaming laptop gaming 9 juta laptop gaming terbaik di dunia laptop gaming budget 5 juta laptop gaming yg murah laptop gaming 10 jutaan terbaik 2019 cara upgrade laptop menjadi laptop gaming laptop gaming yang bagus laptop gaming dell murah laptop gaming murah 2019 laptop gaming 3 jutaan ram 4gb laptop gaming terbaru 2019 laptop gaming harga 4 jutaan laptop gaming di bawah 5 juta laptop gaming dibawah 5 jutaan, review laptop gaming MSI Katana GF66

Leave a Reply

Your email address will not be published.