google-site-verification: google3036e111bfc66eba.html

MAU MENURUNKAN BERAT BADAN? BERIKUT 6 TIPS SARAPAN SEHAT NYA

Meski Anda sedang diet, sarapan tidak boleh dilewatkan. Ikuti tips sarapan sehat ini agar Anda bisa menurunkan berat badan secara maksimal.

Banyak yang percaya bahwa ketika Anda sedang diet, Anda tidak boleh sarapan sampai berat badan Anda turun dengan cepat. Namun anggapan tersebut keliru karena sarapan dapat digunakan untuk meningkatkan energi dan metabolisme.

Tentunya, sarapan untuk para spesialis tersebut harus dilakukan dengan cara yang sehat. Sehingga berat badan ideal yang diinginkan juga bisa tercapai.

Ada 6 tips sarapan sehat untuk menurunkan berat badan yang bisa Anda tiru:

1. Pilih Makanan yang Gurih

Salah satu musuh diet adalah makanan manis. Jadi, jangan mengonsumsi makanan manis untuk sarapan pagi jika ingin menurunkan berat badan dengan cepat. Sebaiknya pilih makanan gurih/ asin.

“Saya sering melihat orang makan makanan tinggi gula untuk sarapan. Artinya makanan manis bisa meningkatkan kadar insulin di pagi hari dan menyebabkan penurunan energi,” jelas Samantha Bresci, ahli gizi dari Texas, AS.

Samantha juga menjelaskan bahwa sarapan dengan makanan manis bisa membuat Anda mendambakan gula sepanjang hari. Samantha merekomendasikan makanan gurih, seperti telur dengan alpukat atau sayuran dan sosis.

2. Prioritaskan Protein

Tambahkan makanan tinggi protein ke menu sarapan Anda. Karena protein adalah makronutrien yang paling mengenyangkan. Oleh karena itu, dapat membuat Anda kenyang lebih lama dan cenderung tidak kelaparan saat makan siang.

Selain kenyang, Samantha juga menjelaskan manfaat lain menambahkan protein pada menu sarapannya. Samantha Presicci menjelaskan, “Makan cukup, protein berkualitas tinggi dapat membantu Anda menghindari kehilangan otot. Hal ini sering terjadi pada penurunan berat badan.”

Makan protein yang baik untuk sarapan setidaknya harus 20 gram. Telur, dada ayam dan brokoli bisa digunakan.

3. Perhatikan Karbohidrat

Karbohidrat merupakan makanan pokok dari menu sarapan diet. Namun perlu diingat, jangan hanya mengonsumsi karbohidrat. Karbohidrat harus dipasangkan dengan lemak, protein, atau serat.

Menurut Abbey Sharp sebagai ahli diet terdaftar, menggunakan kombinasi karbohidrat dan lemak, protein atau serat membantu meningkatkan rasa kenyang dan menjaga kadar gula darah tetap stabil. Artinya Anda bisa menambahkan alpukat dan telur ke dalam roti panggang, atau yogurt Yunani dengan kacang atau beri, jelasnya.

4. Jangan Minum Kopi Manis

Banyak orang minum kopi untuk sarapan. Sebagai ahli diet terdaftar, Annie Reed juga setuju bahwa kopi adalah bagian penting dari pagi hari bagi banyak orang. Namun menurutnya, kopi yang dicampur krim, gula, atau mentega seperti kopi anti peluru bisa membuat kopi menjadi tidak sehat.

Red merekomendasikan minum kopi hitam atau menambahkan lebih banyak susu. Selain kopi, jus juga banyak dipilih oleh banyak orang untuk menu sarapan pagi. Tapi sebaiknya campurkan bahan yang mengandung protein dan lemak baik.

5. Sajikan Sarapan di Piring

Sarapan sering dibawa saat bepergian untuk menghemat waktu. Tetapi yang terbaik adalah duduk untuk menikmati sarapan jika memungkinkan. Sajikan menu sarapan di piring.

Sebagai ahli diet terdaftar, Flinchum berkata, “Melihat makanan Anda di piring atau mangkuk dapat membantu Anda merasa puas saat menikmati makanan.”

Pendekatan ini juga dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Jadi Anda akan terhindar dari rasa lapar saat menjalani diet penurunan berat badan.

6. Makan Perlahan

Bagi para pelaku diet yang ingin menurunkan berat badan, tips sarapan sehat selanjutnya adalah makan perlahan. Regina M Gil merekomendasikan, sebagai ahli diet terdaftar, menikmati setiap gigitan menu sarapan agar berat badan Anda bisa turun dengan cepat.

Bersenang-senang sambil makan adalah kunci terpenting. Durasi yang disarankan 30 menit. Bahkan, bisa melebihi waktu sekitar 5-10 menit.

“Untuk mendapatkan kenikmatan yang maksimal saat makan, waktunya harus bertahan minimal 30 menit,” kata Regina. (sumber : detik.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published.