KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA DALAM MENGGUNAKAN KOMPUTER

Komputer merupakan salah satu mesin teknologi yang saat ini paling banyak digunakan untuk berbagai aplikasi kehidupan manusia. Sebut saja semisal dunia kerja dan dunia pendidikan, saat ini hampir dipastikan tidak akan lepas dari peran teknologi komputer.

Interaksi yang cukup intens terhadap komputer yang dilakukan oleh para pekerja maupun kalangan dunia pendidikan, sedikit banyak akan memberikan berbagai dampak positif dan negatif. Salah satu efek negatif yang jelas dirasakan tentulah soal aspek kesehatan. Oleh sebab itu diperlukan tips panduanĀ kesehatan dan keselamatan kerja dalam menggunakan komputer.

Kesehatan adalah sesuatu yang sangat berharga dalam hidup. Apalah artinya punya kekayaan melimpah jika hidup kita tak sehat. Setiap hari kita bekerja dan menuntut ilmu, salah satu tujuan utamanya adalah agar hidup kita bisa bahagia lahir dan batin. Namun tentunya tujuan itu akan porak poranda mana kala kita tidak bijak menjaga kesehatan diri.

Kebahagian hidup tak akan pernah dirasakan jika secara fisik kita sakit-sakitan. Oleh sebab itu dunia kerja dan dunia pendidikan yang kerap menjadi subjek pelaku utama dalam berinteraksi dengan teknologi komputer yang dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan perlu perlu memperhatikan pedoman kesehatan dan keselamatan kerja dalam menggunakan komputer.

Cara Sehat Memakai Komputer

Berikut ini beberapa tips kesehatan dan keselamatan kerja dalam menggunakan komputer yang dapat Anda jadikan panduan dalam bekerja;

1. Jangan terlalu berlebihan berlama-lama di depan komputer atau laptop

Terkadang sebagai bentuk tuntutan pekerjaan atau dunia pendidikan kita memang kerap harus berinteraksi dengan komputer dalam waktu yang cukup lama sehari-harinya. Pekerjaan menuntut kita untuk seharian mengetik di depan komputer.

Ada banyak hal yang bisa terjadi, hal pertama yang mungkin bisa terjadi adalah Anda merasakan sakit kepala dan tengkuk ataupun pinggang dan tubuh Anda. Mata pun akan menjadi pedih jika terlalu lama menatap layar monitor komputer.

Oleh sebab itu sebagai salah satu solusinya adalah jangan berinteraksi lagi dengan komputer untuk kepentingan yang tidak mendesak, seperti misalnya hanya untuk menonton atau bermain game. Matikan dan istirahatkan diri Anda dari layar komputer. Tak hanya Anda yang butuh istirahat, komputer terlebih laptop pun harus istirahat.

2. Olahraga dan makan bernutrisi cukup

Sakit kepala yang Anda rasakan salah satunya mungkin disebabkan akibat pancaran radiasi layar komputer atau laptop. Atau mungkin karena Anda terlalu lelah berpikir, terutama bagi mereka yang bekerja sebagai penulis yang harus selalu stand by di depan komputer.

Nutrisi yang cukup sangat diperlukan. Makanlah sayur, buah-buahan dan sumber-sumber protein yang cukup. Minumlah air yang memiliki kandungan oksigen yang tinggi untuk suplai oksigen ke otak Anda.

Di samping gizi nutrisi dan air putih, Anda juga perlu merutinkan jadwal olahraga Anda. Bekerja di depan komputer sangat melelahkan tubuh, maka tubuh Anda juga butuh rekreasi kebugaran tubuh dengan cara olahraga. Tubuh Anda yang terus menerus duduk menghadap komputer akan terasa pegal-pegal dan sakit, maka olahraga menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan keselamatan kerja dalam menggunakan komputer.

Leave a Reply

Your email address will not be published.