google-site-verification: google3036e111bfc66eba.html

Kenapa Video YouTube Tidak Bisa Diputar? Ini Solusinya

Kenapa Video YouTube Tidak Bisa Diputar? Dulu, orang sering menonton TV sebagai sarana hiburan, dan di era digital ini, semua orang lebih suka menonton video melalui YouTube. Selain konten hiburan yang lebih banyak, pengguna juga dapat dengan mudah memilih konten video yang ingin diputar. Mulai dari konten perjalanan, kecantikan, memasak, hingga film pendek.

Tahun 2020 sekitar bulan november, YouTube mengalami down di berbagai belahan dunia, yang menyebabkan video tidak dapat diputar dan menjadi tranding di jagat maya terutama twitter. Meskipun sudah teratasi, ada kalanya kita masih menemui masalah ini. Tidak bisa memutar video di YouTube memang sangat menyebalkan, apalagi jika kita sedang dalam keadaan “keperluan cepat dan mendesak”.

Kenapa Video YouTube Tidak Bisa Diputar?

Pasti sebagian dari kalian pernah mengalami tidak bisa membuka video youtube, baik itu di hp android, iphone ataupun dilaptop. Tentu hal ini sangat menyebalkan, apalagi jika dibutuhkan dalam keadaan penting seperti belajar atau mencari informasi.

Kenapa HP Tidak Bisa Memutar Musik dan Video?

Masalah ini dapat terjadi karena beberapa faktor mulai dari aspek penggunaannya atau dari aplikasi itu sendiri. Secara umum, masalah yang paling umum dalam hal ini adalah karena sinyal yang lemah hingga koneksi internet terputus.

Kasusnya juga banyak, seperti muncul pesan error atau terjadi error sehingga buffering tidak berhenti saat memutar video. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja penyebab dari masalah tersebut dan bagaimana cara mengatasi atau memperbaikinya.

Berikut adalah beberapa faktor umum yang menyebabkan Video YouTube tidak bisa diputar?

1. Masalah internet.

Koneksi internet yang lambat juga dapat menjadi penyebab mengapa Anda tidak dapat memutar video di YouTube. Faktor ini mungkin menjadi penyebab paling umum bagi pengguna smartphone dan laptop Android. Tanpa disadari, WiFi atau jaringan seluler kita saat itu sedang bermasalah sehingga tiba-tiba ada buffering video YouTube yang ingin kita tonton.

2. Masalah Browser (Mozilla Firefox, Chrome, IE, Safari)

Jika kami membuka YouTube melalui browser, browser yang kami gunakan mungkin dinonaktifkan. Komputer tidak diperbarui juga merupakan salah satu alasan mengapa video YouTube tidak dapat diputar.

3. Aplikasi YouTube versi lama

Meskipun YouTube adalah aplikasi bawaan di beberapa jenis smartphone, pengguna tetap harus memperbarui aplikasi itu sendiri. Jadi, periksa secara manual apakah YouTube diperbarui di smartphone atau tidak.

4. Memori perangkat penuh

Seperti diketahui, memori internal yang penuh bisa membuat sistem smartphone tidak bekerja maksimal. Memori perangkat yang penuh membuat smartphone cepat panas, sehingga akan banyak aplikasi yang bermasalah, salah satunya YouTube.

5. Data Cache menumpuk

Bagi pengguna laptop, PC dan smartphone yang membuka YouTube di browser, seringkali browser memiliki banyak data dan cache yang menumpuk sehingga browser sulit untuk mengakses YouTube. Pasalnya penumpukan data cache dapat mengganggu kinerja RAM sehingga menjadi lamban.

Kenapa HP Tidak Bisa Memutar Musik dan Video?

Lalu bagaimana cara mengatasi video youtube yang tidak bisa diputar

Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan saat menonton video YouTube yang tidak dapat diputar:

  1. Anda dapat mencoba menyegarkan (refresh) halaman YouTube di browser dan kemudian melihat apakah video dapat diputar setelahnya.
  2. Keluar dari browser, dan masuk kembali ke halaman YouTube. Ini juga berlaku jika Anda menggunakan YouTube langsung dari aplikasi di ponsel Anda. Jika tidak bisa, Anda dapat men download dan menginstal ulang aplikasi YouTube atau memperbarui ke versi terbaru.
  3. Bersihkan cache dan cookie pada browser yang Anda gunakan untuk membuka YouTube.
  4. Putuskan sambungan internet selama beberapa detik, lalu sambungkan kembali. Juga, pastikan bahwa video YouTube dapat dibuka di perangkat Anda yang lain.
  5. Jika metode di atas tidak berhasil, restart komputer atau ponsel Anda. Setelah itu, coba periksa kembali apakah video tersebut dapat diputar.
  6. Hindari multitasking (terlalu banyak aplikasi di buka). Membuka terlalu banyak aplikasi secara bersamaan atau multitasking juga bisa menjadi alasan mengapa YouTube tidak bisa memutar video. Ini bukan tanpa alasan, karena menonton video di YouTube akan memakan banyak RAM. Jadi, hindari multitasking atau menggunakan aplikasi secara bersamaan.

Dari semua pemaparan di atas, maka dapat kita simpulkan bahwa masalah Kenapa Video YouTube Tidak Bisa Diputar ini memiliki beberapa penyebab. Namun, dari beberapa penyebab tersebut, kita juga mempunyai beberapa cara untuk memperbaikinya, tergantung pada kondisi kasusnya.

Inilah sedikit penjelasan mengenai kenapa dan bagaimana cara mengatasi video youtube tidak bisa diputar baik itu di hp android, iphone, komputer PC atau laptop menurut kami swaraind.com.

Semoga informasi di atas bermanfaat dan bisa dijadikan ilustrasi ketika ingin mengatasi YouTube error karena tidak bisa memutar video. Semoga berhasil, ya!

 

Keyword berdasarkan penelusuran : cara mengatasi youtube tidak bisa memutar video, penyebab tidak bisa memutar video youtube di laptop, kenapa youtube offline padahal sudah tersambung, youtube tidak bisa memutar video di iphone, kenapa youtube tak boleh buka di komputer, kenapa aplikasi youtube tidak bisa di download, youtube tidak bisa memutar video di smart tv, kenapa video youtube tidak bisa di download,

Leave a Reply

Your email address will not be published.