google-site-verification: google3036e111bfc66eba.html

Inilah Dia 7 Tips dan Trik Mempercepat Kinerja Android

Smartphone android menjadi sebuah perangkat penting yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan banyak orang. Keberadaan android kini dapat membantu mempermudah banyak pekerjaan. Namun, jika kinerja android tak bisa lagi diandalkan, kini saatnya anda harus ketahui tips dan trik mempercepat kinerja android.

Dibalik kecanggihan teknologi sebuah perangkat ponsel, tentu saja tidak luput dari kekurangan yang dimilikinya, salah satunya ialah menurunnya kinerja android. Walaupun kondisi seperti ini wajar dimiliki oleh setiap perangkat android, namun jika bisa segera diatasi maka itu lebih baik. Yuk simak 7 tips dan trik mempercepat kinerja android di bawah ini.

7 Tips dan Trik Mempercepat Kinerja Android

1. Ketahui Penyebabnya

Tips dan trik pertama yang wajib dilakukan saat mengetahui kinerja android anda mulai menurun adalah mencari tahu apa penyebabnya. Mencari penyebab android menjadi lambat adalah langkah pertama supaya kinerja android bisa pulih seperti sediakala. Caranya dengan memeriksa pada bagian Penyimpanan File di pengaturan android, apakah penyimpanannya sudah penuh atau tidak. Jika tidak penuh, coba periksa di penyimpanan RAM. Namun apabila indikator penyimpanan RAM juga normal, itu pertanda bahwa android terinfeksi oleh virus.

2. Membersihkan Home Screen

Tips kedua yaitu membersihkan home screen atau layar utama pada android. Ini merupakan salah satu trik paling efektif untuk mempercepat kinerja android. Seperti yang kita ketahui, home screen seringkali dipenuhi oleh berbagai pemintas aplikasi sehingga sangat perlu dilakukan pembersihan. Jika home screen sudah dibersihkan otomatis andorid tidak akan lemot kembali. Disamping itu, jangan lupa untuk meminimalisir penggunaan wallpaper animasi pada ponsel supaya tidak membebani kinerja android.

3. Uninstall Aplikasi Tidak Terpakai

Tips dan trik mempercepat kinerja android yang ketiga adalah menghapus aplikasi yang tidak dibutuhkan. Anda bisa meng-uninstall aplikasi yang jarang diapakai untuk meringankan beban android. Sebab, aplikasi yang tidak terpakai tersebut rupanya juga turut memenuhi ruang pemrosesan pada android sehingga menyebabkan kinerjanya menurun. Secara tidak langsung, aplikasi tersebut juga turut andil dalam membebani kinerja android.

Namun jika anda menemukan sebuah aplikasi yang tidak dapat di-uninstall, anda bisa mematikan aplikasi tersebut supaya tidak memenuhi memori dan membebani kinerja android. Caranya cukup mudah, hanya dengan masuk ke menu Settings >> Apps lalu perhatikan aplikasi yang muncul. Disana anda bisa memilih aplikasi mana saja yang sudah tidak terpakai, kmeudian klik dan pilih “disable” untuk mematikan aplikasinya atau klik uninstall supaya langsung terhapus.

4. Melakukan Update OS

Tips lain untuk mempercepat kinerja andorid adalah dengan melakukan update OS. Cara satu ini dianggap sebagai trik efektif untuk meningkatkan kinerja ponsel. Pastikan bahwa android sudah diperbarui ke sistem operasi versi terbaru supaya tidak lemot. Untuk cara memperbaruinya silahkan masuk ke menu Setting >> About Device >> Software update dan klik tombol “Check For Updates”. Nah, darisana anda akan menemukan pembaruan lalu segera lakukan pengunduhan dan pasang ke android anda. Pemaruan semacam ini dinilai bisa memperbaiki kinerja andorid dengan baik bahkan dapat menambah beberapa fitur baru.

5. Mematikan Animasi

Mematikan animasi adalah salah satu tips dan trik yang dapat membuiat kinerja andorid meningkat. Caranya sangat mudah, pertama masuk terlebih dahulu ke menu Settings >> About phone >> menu Device information atau systems. Nah, dari menus Device anda bisa mencari kolom yang menampilkan Build number lalu klik kolom tersebut sebanyak 7 kali agar mode Developer aktif. Setelah itu akan muncul pilihan developer option dan disana anda akan menemui kolom Window animation slice, transition animation scale serta animation duration scale. Barulah anda bisa mengubah angka yang tertera disana menjadi 0.5x atau Animation off. Secara otomatis, animation akan mati dan kinerja andorid anda bisa cepat kembali.

6. Rutin Bersihkan Cache Aplikasi

Seperti yang kita ketahui bahwa pada umumnya, aplikasi akan menyimpan data chached supaya pengguna ponsel dapat membukanya kembali dengan cepat. Akan tetapi, cached yang tidak pernah dibersihkan akan menumpuk dan menjadikan kinerja android semakin menurun. Oleh karena itu, tips untuk mempercepat kinerja android yang menurun ialah dengan rutin membersihkan cache aplikasi. Anda bisa masuk ke menu Settings >> Appas >> pilih aplikasi yang menyimpan banyak cache >> pilih Clear cache.

7. Melakukan Factory Reset

Tips dan trik ketujuh yang dapat dilakukan supaya kinerja android bisa lebih cepat yaitu melakukan factory reset. Tips terakhir ini adalah cara paling praktis untuk memperbaiki kinerja android yang menurun. Factory reset dapat menjadikan software android akan kembali pada kondisi semula.

Kinerja andorid yang menurun jika dibiarkan begitu saja bisa berakibat pada kerusakan ponsel anda. Oleh karena itu, coba ikuti 7 tips dan trik mempercepat kinerja android untuk memperbaiki kinerja ponsel. Semoga artikel ini bermanfaat ya! Anda juga bisa mengunjungi artikel inspirasi lainnya tentang Solusi Agar Hp Xiaomi Tidak Cepat Panas. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.