GOOGLE KUCURKAN DANA Rp. 140 MILIAR BUAT UMKM DI INDONESIA, MAU?

Google mengumumkan akan memberikan bantuan dana pinjaman kepada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Jumlah total uang yang akan dipinjamkan adalah 10 juta USD atau setara dengan 140 miliar rupiah (kurs 14.090,50 / USD).

“Kami mengumumkan bahwa kami memberikan bantuan pinjaman $ 10 juta kepada UMKM,” kata Danny Ardianto, Direktur Kebijakan Publik Google Indonesia, dalam konferensi pers virtual, Rabu (18/11/2020).

Dia menjelaskan bahwa Google bekerja sama dengan organisasi nirlaba, Kiva, untuk menyediakan akses pendanaan. Organisasi ini akan bekerja sama dengan penyedia jasa keuangan lokal di Indonesia.

Baca juga : kabar gembira! blt umkm diperpanjang hingga desember, begini syarat dan cara daftarnya

“Nanti mereka akan bekerja sama dengan penyedia jasa keuangan lokal yaitu penyedia jasa keuangan lokal Indonesia karena pinjamannya akan diarahkan melalui mitra lokal ini. Nah, mitra lokal ini baik dalam bentuk sektor, maupun suku bunga akan tunduk pada persyaratan ini yang akan di kembangkan secara terpisah bersama kiva. Jadi kami akan mengetahui detailnya dalam beberapa minggu ke depan. ”

Penyedia layanan keuangan lokal akan dipilih oleh Kiva. Yang terpilih adalah mereka yang dapat menjangkau seluas-luasnya di sektor UMKM, dan menawarkan suku bunga rendah kepada UMKM yang tidak terkena/ belum pernah tersentuh oleh pinjaman atau produk keuangan pemerintah. Untuk lebih jelasnya, dia mengatakan bahwa Google akan mengirimkannya dalam beberapa minggu ke depan.

Baca juga : BLT Subsidi Gaji Pekerja Sudah Tahap 4, Anda Belum Terdaftar Penerima Bantuan? Begini Cara Daftarnya!

Ia melanjutkan, setiap UMKM bisa mendapatkan pembiayaan dari mitra lokal terkait. Mereka adalah mitra yang telah memberikan bantuan pinjaman atau akses pembiayaan bagi UMKM di Indonesia.

“Jadi kita tambah kemampuannya lewat pinjaman ini, dan nanti tentunya dengan bunga yang melengkapi apa yang dicanangkan oleh pemerintah,” imbuhnya. (Sumber : detik.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published.