google-site-verification: google3036e111bfc66eba.html

Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi

Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi. Smartphone Android memiliki jutaan manfaat yang tak ada habisnya bagi penggunanya. Misalnya, dengan Android, kita dapat mengobrol dengan teman sepanjang waktu, memutar musik, bermain game, menjelajah, melakukan tugas kantor, dan lainnya.

Sayangnya, masih banyak kekurangan dari smartphone ini, terutama masalah penyimpanan. Ketersediaan memori Android yang terbatas membuat smartphone rentan kelebihan beban saat diisi dengan banyak aplikasi.

Memori internal cepat penuh karena memori internal hampir habis. Efeknya tentu saja kinerja ponsel turun yang sangat mengganggu, meskipun kami melakukan pembersihan.

Alasan mengapa memori internal ponsel Android cepat penuh adalah karena kita sering menggunakan aplikasi dan ada penumpukan cache atau sampah di sistem Android yang tersimpan di memori internal, yang membuat ponsel menjadi lebih cepat. memori internal.

Hal lain yang membuat memori ponsel Android penuh adalah ketika Anda menghapus atau menghapus aplikasi di layar beranda, mengapa? Karena saat Anda menghapus aplikasi di layar beranda, hanya ikon yang dihapus dari aplikasi, dan penyimpanan sistem masih tersimpan di memori internal.

Whatsapp merupakan salah satu aplikasi yang menyumbang banyak sampah. Tanpa sepengetahuan kita ketika kita atau teman kita membuat status atau mengirim file, seperti foto, video, audio, dll, secara otomatis akan tersimpan di memori internal kita.

Cara Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi merupakan langkah agar kinerja handphone lebih optimal, yaitu cara menghilangkan notifikasi full memory di hp android.

Penyebab ruang penyimpanan android penuh

Beberapa faktor penyebab memori internal atau ruang penyimpanan smartphone Android Anda cepat penuh.

  • Terlalu banyak aplikasi yang terinstal di smartphone.
  • File cache jarang dibersihkan dari browsing dan aplikasi seperti game.
  • Penyimpanan video, lagu mp3, foto, dan file lainnya secara berlebihan.

Bagaimana Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi

1. Bersihkan cache di dalam aplikasi

Dari penggunaan aplikasi sehari-hari, cache akan dibuat, cache akan menumpuk dan akan terus menumpuk jika tidak dihapus. Apa itu cache? Cache adalah file sampah yang dibuat dari penggunaan sehari-hari.

Efek file sampah atau cache akan meningkatkan penggunaan memori internal dan smartphone OPPO Anda akan cepat mendapatkan notifikasi memori internal penuh, kinerja akan menurun dan akan sedikit lambat dalam penggunaan sehari-hari.

Cara menghapus cache

  • Cara pertama untuk menghapus cache adalah dengan membuka Pengaturan.
  • Gulir ke bawah dan temukan Manajer aplikasi atau Manajer aplikasi.
  • Pilih aplikasi untuk menghapus cache.
  • Saya memberi contoh membersihkan cache di chrome.
  • Klik pada chrome pilih Penyimpanan dan hapus cache.

2. Hapus data aplikasi yang tersimpan

Selain cache di aplikasi, aplikasi juga membuat data dari penggunaan yang sering yang akan menghabiskan penggunaan memori. Misalnya dari aplikasi Chrome dengan kapasitas 40MB, serta browsing dan download dan sebagian 20MB, data rutin menjadi 60MB, dan data akan terus bertambah seiring waktu.

Tapi perlu diingat, daripada menghapus data aplikasi, itu akan menghapus semua data di aplikasi, misalnya, email dan kata sandi akan diatur ulang secara otomatis, saran saya adalah Anda harus mengingat email dan kata sandi, tetapi inilah cara menghapusnya cache tanpa menghapus aplikasi.

Metode membersihkan data aplikasi mirip dengan membersihkan cache.

  • Buka Pengaturan di ponsel Anda.
  • Gulir ke bawah dan temukan Aplikasi atau Manajer aplikasi.
  • Kemudian pilih aplikasi yang ingin Anda hapus datanya.
  • Setelah memilih aplikasi, ketuk Penyimpanan dan Hapus data.

3. Hapus aplikasi yang tidak digunakan

Memori internal penuh juga dapat disebabkan oleh terlalu banyak aplikasi. Banyak aplikasi akan menghabiskan memori dan RAM seluler dan akan menambahkan cache ke penyimpanan kami.

Hapus aplikasi besar dan jarang digunakan, Anda juga dapat menonaktifkan aplikasi ini. Ada beberapa aplikasi yang tidak dapat dinonaktifkan secara manual dan ada cara untuk menonaktifkan aplikasi seluler default atau aplikasi bloatware yang dapat Anda gunakan.

Jadi bagaimana Anda menghapus aplikasi seluler default? Selain menonaktifkan aplikasi, ada juga aplikasi bawaan ponsel yang tidak bisa dihapus. Ada untuk menghapusnya dengan ponsel yang di-rooting, tetapi untuk menghapus aplikasi, saya sarankan untuk menghapus aplikasi sepenuhnya, jika tidak dihapus dengan benar, aplikasi akan meninggalkan cache dan file sampah di penyimpanan seluler.

Cara menghapus aplikasi android untuk membersihkannya

  • Buka Pengaturan di ponsel Anda.
  • Gulir ke dan cari Manajer Aplikasi atau Manajer aplikasi.
  • Pilih aplikasi yang akan dihapus.
  • Klik Simpan di Aplikasi.
  • Klik Clear data (menghapus data secara otomatis akan menghapus cache).
  • Kembali dan hapus instalan.

4. Hapus file yang tidak diinginkan di ponsel

File sampah akan terus ada selama Anda menggunakan ponsel atau Android, disadari atau tidak, file tersebut akan terus menumpuk. Secara berkala, file sampah di ponsel harus dihapus agar memori internal tidak cepat penuh.

Ini bukan masalah utama dengan penyimpanan penuh di Android, tetapi file terlibat di dalamnya. Bayangkan saja jika file yang tidak diinginkan bisa menumpuk bahkan ratusan megabyte.

Ini bukan masalah utama dengan penyimpanan penuh di Android, tetapi file terlibat di dalamnya. Bayangkan saja jika file yang tidak diinginkan bisa menumpuk bahkan ratusan megabyte. sebelum itu terjadi

Cara menghapus file yang tidak diinginkan di HP.

Di sisi lain, saya akan memberikan contoh file sampah Whatsapp, karena WhatsApp cukup sering digunakan.

  • Buka pengelola file.
  • Temukan folder Whatsapp dan klik di atasnya.
  • Hapus folder bersama, biasanya folder tersebut berisi status tema WA kita yang ada.
  • Kembali ke folder Whatsapp.
  • Temukan folder media dan urutkan file satu per satu dan hapus file yang tidak digunakan. Seperti folder status, gif, audio, stiker, dll.

5. Pindahkan foto ke kartu SD.

Pecinta selfie atau pecinta foto mungkin tidak merasa terlalu banyak foto yang tersimpan di memori internal akan membuat memori internal cepat penuh. Mulai sekarang, pindahkan penyimpanan foto ke kartu SD.

Tidak hanya foto, video, musik, dan data lainnya yang ditransfer juga dapat dijadikan alternatif untuk mengatasi memori penuh pada ponsel Oppo a3s dan seri ponsel Oppo lainnya.

Cara memindahkan foto ke kartu SD

  • Siapkan kartu SD dan buka pengelola file.
  • Pilih atau pilih foto dalam memori telepon.
  • foto yang ditandai, lalu ketuk Pindahkan > Pilih Kartu SD

6. Memindahkan aplikasi ke SDCard dapat mengosongkan memori internal

Cara ini agak ketinggalan jaman di era 2015. Namun, bagi pengguna smartphone lama, sangat disarankan untuk memindahkan aplikasi yang terinstal ke memori SDCard.

Keuntungan dari metode ini, pengguna dapat menginstal lebih banyak aplikasi Android tanpa terlalu membebani ruang internal. Artinya, bukan berarti memori internal tidak digunakan sama sekali. Mungkin 80% data aplikasi disimpan di SDCard dan sisanya di memori internal.

Demikianlah bebrapa cara mudah Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi yang bisa kalian lakukan sendiri tanpa ribet tanpa pusing. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published.