Cara Memperbaiki Bad Sector Pada Hardisk

Cara Memperbaiki Bad Sector Pada Hardisk. Hardisk merupakan salah satu hardware yang sangat penting bagi sebuah laptop ataupun komputer. Hardisk memiliki bentuk seperti piringan CD yang akan berputar saat komputer di hidupkan. Hardisk memiliki fungsi untuk menyimpan data pada komputer atu laptop.

Tanpa adanya hardisk laptop kita tidak akan dapt beroperasi. Sebagai salah satu komponen elektronik hardisk juga merupakan salah satu barang yang cukup rentan rusak apalagi jika penggunaan komputer atau laptop secara berlebihan.

Hardisk yang rusak atau yang biasa kita sebut bad sector akan membawa dampak negatif bagi perangkat anda. Ciri yang paling mudah untuk mengetahui hardisk kita dalam keadaan bad sector adalah pada saat menjalankan perangkat kita akan sering mengalami not responding.

Berhubungan dengan hal tersebut kali ini saya kan membagikan tips memperbaiki bad sector pada hardisk serta cara merawatnya pada bacaan berikut.

Cara Memperbaiki Bad Sector Pada Hardisk

1. Buka windows explorer

2. Klik kanan pada disk yang akan di cek lalu pilih properties

3. Buka tab ‘Tools’ lalu pada bagian error checking pilih ‘Check now’

4. Centang kedua pilihan lalu pilih ‘Start’

5. Setelah itu akan melakukan proses restart

Cara Merawat Hardisk Agar Tidak Mengalami Bad Sector

1. Matikan komputer dengan proses yang benar. Jangan asal mencabut stop kontak karena selain merusak software pada hardisk hal ini juga dapat merusak OS komputer atau laptop.

2. Gunakan stabiliser pada komputer agar arus listrik yang masuk menjadi stabil.

3. Gunakan software disk defragmenter untuk mencegah terjadinya bad sector

4. Lakukan defrag hardisk secara teratur.

5. Jika anda menggunakan laptop jangan menggunakan laptop tanpa baterai karena hal ini mengakibatkan arus listrik yang masuk kedalam hardisk tidak stabil, dan mengakibatkan kerusakan.

6. Masih menyambung poin sebelumnya tentang laptop, jangan sekali-kali mengangkat laptop saat keadaan aktif karena hal tersebut dapat mengakibatkan tabrakan antara head silinder dengan lempengan hardisk.

Sekian tips yang dapat saya berikan sebagai tambahan saat ini harga dari sebuah hardisk cukup mahal yaitu mencapai Rp 600 ribu untuk 320 GB, dan Rp 800 ribu untuk kapasitas 500 GB. Jadi rawtal hardisk anda dengan sebaik-baiknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.