Cara Kalibrasi Baterai di Android

Cara Kalibrasi Baterai di Android. Masalah utama pada Ponsel Android kadang adalah di Baterainya, pada Android yang sering di flash / cutom rom / merubah kernel, masalah yang paling sering terjadi adalah pada indikator baterai.

Yaitu baterai tidak menunjukan indikator aslinya, misal dalam suatu kasus indikator baterai di layar terpampang 70% tapi beberapa saat kemudian ponsel Android anda mati dengan sendirinya dikarenakan kehabisan baterai, hal ini membuat pengguna tidak nyaman nantinya, apalagi jika ponsel anda sedang dibutuhkan untuk kasus yang penting, maka merawat baterai wajib dilakukan.

Perawatan baterai agar indikator nya sama dengan isi baterai nya di sebut dengan kalibrasi baterai. Fungsinya sederhana yaitu menyamakan atau mengkalibrasi baterai sehingga sama dengan indikator.

Indikasi adanya kesalahan indikator adalah baterai yang tidak bisa full charging 100% (warna hijau), tetapi hanya sampai 99% atau 98% walaupun sudah dicharge semalaman atau lebih dari 8 jam, apabila ini terjadi dalam ponsel anda maka positif Baterai sudah berbeda dan perlu untuk di kalibrasi.

Cara Kalibrasi Baterai di Android

Untuk itu kali ini kita akan memberikan info kepada anda bagaimana cara kalibbrasi baterai di Android, berikut ini adalah cara-caranya :

1. Cara Kalibrasi Baterai Dengan Aplikasi

Ada banyak aplikasi Android untuk kalibrasi secara otomatis, namun saya akan membahas dengan menggunakan aplikasi Battery Calibration. Sebelum itu pastikan anda sudah men-root ponsel anda. Berikut ini cara caranya :

  • Install Battery Calibration, anda bisa mendownlaod dari google play store (link : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.nema.batterycalibration)
  • Charge Android anda sampai 100% atau bila tidak sampai anda rasa sudah full (walaupun 98%), jangan cabut baterai lalu klik Battery Celibration dan nyalakan aplikasi nya, sebelum itu pastikan bahwa baterai memang sudah terisi penuh (ini salah satu langkah yang penting).
  • Gunakan Android sampai baterai benar benar habis dan jangan di charge sebelum Android mati sendiri (baterai 0%)
  • Setelah itu charge sampai penuh dalam keadaan mati, dalam hal ini 100%
  • Apabila ada langkah yang salah dimana dalam charge dalam keadaan mati belum bisa 100%, coba lagi mulai dari langkah pertama
  • Hentikan aplikasi apabila baterai sudah bisa ke angka 100% (anda juga bisa menghapus aplikasi ini jika sudah tidak diperlukan lagi)

2. Cara Manual Kalibrasi Baterai Tanpa Root

Cara ini adalah cara manual untuk mengakali kalibrasi baterai, namun membutuhkan waktu yang cukup lama dan juga membuang waktu anda. Namun tetap disarankan apabila anda tidak mau repot untuk root Android.

Gunakan ponsel sampai baterai 1%, lalu charge semalaman 6-8 jam walaupun baterai sudah full pada posisi ponsel mati, ulangi langkah ini 6-10 hari sampai indikator bisa full (warna hijau) atau 100%.

Kalibrasi baterai ini sebenarnya juga dapatanda gunakan untuk menghemat baterai pada saat sesudah di kalibrasi. Jadi sangat berguna bagi baerai anda yang boros.

Leave a Reply

Your email address will not be published.