google-site-verification: google3036e111bfc66eba.html

Cara Edit Foto di Photoshop Keren “Polaroid Collage”

Pada artikel kali ini, kami ingin memberikan tutorial cara edit foto di Photoshop untuk membuat foto kalian terlihat menjadi lebih menarik. Caranya mudah, kalian hanya membutuhkan waktu dan kesabaran.

Kita akan membuat/menambahkan Polaroid Collage ke foto kita serta belajar cara menggunakan clipping masks, efek berbeda dan transformation yang disediakan oleh software edit foto Photoshop.

Pertama-tama, pilihlah foto yang bagus misalnya ketika kalian sedang bersama teman-teman atau memiliki background yang menarik. Kami mencari foto dari Google, seperti berikut:

Langkah-langkah cara edit foto di photoshop “Polaroid Collage”

Langkah 1 – Persiapan

Jalankan Photoshop kalian (di sini kami menggunakan Adobe PS CS3). Buka foto yang telah kalian pilih, kemudian buatlah duplikat dari layer background dan buatlah layer baru. Isilah layer baru dengan warna hitam (beri nama Layer hitam) dan letakkan di antara dua layer background. Seperti ini:

Langkah 2 – Membuat Frame dengan Clipping Mask

Langkah berikutnya adalah membuat sebuah frame pada foto kalian. Caranya dengan membuat layer baru lagi di antara layer hitam dan background copy. Pada layer baru tersebut (layer 1), gambarlah persegi panjang dengan menggunakan Rectangle Tool atau Rounded Rectangle tool. Kalian juga bisa menggunakan custom shapes untuk membuat frame. Yang paling penting adalah set tool ke “fill pixels” dan kami menggunakan warna hitam untuk warna background.

Jangan khawatir jika kalian tidak melihat gambar karena layer tersebut berada di bawah gambar background. Kemudian kita akan menggunakan Clipping mask. Klik pada background copy layer, kemudian Layer > Create Clipping mask atau tekan ALT+CTRL+G. Kalian akan melihat seperti berikut:

Sekarang kita membuat frame lagi. Buatlah layer baru di bawah layer 1, pilih warna untuk frame misalnya pink dan gambar lagi persegi panjang.

Jika kalian ingin merotasi gambar, pilih kedua layer: Layer 1 dan 2, kemudian klik Ctrl + T.

Kalian juga bisa menambahkan bayangan pada frame gambar. Klik dua kali pada layer 2, pilih Drop Shadow, dan sesuaikan.

Sekarang kita telah membuat frame pertama, dan kita akan membuat sebuah group baru. Klik icon “Create a New Group” dan pilih ketiga layer tersebut (layer 1, 2, Background copy) dan drag ke Group 1 seperti pada gambar berikut.

Langkah 3 – Membuat Lebih Banyak Frame

Cara paling mudah untuk membuat lebih banyak frame adalah dengan menduplikat Group 1 yang telah kita buat. Kemudian, pilih Layer 1 dan 2 di Group baru hasil duplikat dan geser/gerakkan ke bagian lain dari gambar kalian dan rotasi/atur sesuai selera kalian. Hati-hati jangan sampai kalian juga ikut menggerakkan layer Background copy karena tidak akan memberikan efek yang sesuai.

Kalian bisa mengganti warna dari fram, tinggal klik dua kali pada Layer 2 copy dan check Color Overlay, pilih warna yang sesuai selera kalian, kalian juga bisa memilih Gradient Overlay atau Texture dan sesuaikan.

Kalian juga bisa membuat beberapa foto di dalam frame menjadi hitam putih. Untuk melakukannya, tinggal klik pada layer Background copy, kemudian Image > Adjustments > Black and White atau tekan ALT+SHIFT+CTRL +B.

Lanjutkan dengan menduplikasi Group layer dan gerakkan, rotasi, ganti warna, sampai kalian puas dengan hasilnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.