Begini Cara Kompres Ukuran File Video Secara Online Tanpa Merubah Kualitas

Apakah Anda bertanya-tanya bagaimana cara kompres file video atau mengonversi file video secara online ke format lain tanpa perlu mendownloadnya.

Kali ini, kami akan menjelaskan cara sederhana yang cepat dan mudah menggunakan software webbase konverter video online dan menyimpannya di cloud.

Jika Anda memiliki file video atau file audio dalam hal ini yang ada di cloud dan Anda ingin mengonversinya ke format lain, maka cara lama adalah Anda harus mengunduhnya ke komputer Anda dan lakukan itu secara lokal menggunakan perangkat lunak seperti HandBrake.

Dibutuhkan waktu untuk mengunduh file kembali ke komputer Anda dan itu tergantung pada kecepatan internet Anda. Hal itu bisa memakan waktu sangat lama untuk melakukannya.

Kemudian juga membutuhkan hardware komputer yang cukup mumpuni untuk dapat melakukan konversi atau transcoding file video. Dan setelah semua itu, sering terjadi Anda harus mengunggah ulang file setelah itu yang lagi-lagi lebih lama.

Untungnya sekarang ada cara untuk menyelesaikan semuanya secara online dan bahkan menautkan ke file seperti  Dropbox Google Drive atau bahkan hanya URL.

Jadi kami akan menjalankan proses langkah demi langkah dan menunjukkan cara mengonversi file video Anda secara online dengan menggunakan cloud convert. Dan membuat versi video Anda yang lebih kecil dan lebih mudah diunduh atau bahkan cukup konversi atau transkode ke format file lain terlebih dahulu.

Kompres Video Online dengan CloudConvert

kompres viideo online

Mari kita lihat sekilas keuntungan dan kerugian dari membuat video Anda dikonversi atau ditranskode di cloudconvert.

Keuntungan Kompres Video Online dengan CloudConvert

Kompres file video sangat cepat.

Saya akan mengatakan dalam banyak kasus akan jauh lebih cepat untuk membuat file video Anda ditranskode atau dikonversi di cloud daripada mengunduhnya terlebih dahulu.

Dan kemudian menggunakan seftware webbase (online) seperti cloudConvert untuk mengonversinya dan kemudian mengunggah kembali file kembali ke tempat hosting file cloud Anda.

Tidak memerlukan Hardware yang mumpuni

Hal ini akan jauh lebih cepat untuk melakukan semuanya di cloud dan juga tidak ada perangkat lunak (software) yang diperlukan.

Anda tidak perlu mengunduh dan instal apapun di komputer Anda dan tidak perlu khawatir tentang apakah itu kompatibel dengan Mac, PC, Chrome ataupun Linux.

Tidak ada perangkat lunak yang diperlukan karena semuanya dijalankan melalui browser web Anda. Anda juga memiliki akses ke perangkat keras komputer yang sangat kuat.

Itulah sebabnya transcoding atau kompres video online bisa dilakukan denganbegitu cepat jauh lebih cepat daripada jika Anda menggunakan komputer lokal Anda.

Biaya sangat Murah

Keuntungan lain adalah bahwa sebenarnya sangat sangat murah untuk memiliki file audio atau file video Anda dikonversi di cloud terutama jika Anda menggunakan layanan seperti cloudconvert.

Cloud convert memiliki opsi gratis tetapi ada juga opsi berbayar mulai dari sekitar $0.016 per menit rekaman video. Luar biasa bukan?

Anda dapat mentransfer file video antar cloud dan membuat mereka secara otomatis kembali ke folder tertentu yang yang Anda inginkan di platform cloud hosting Anda seperti google drive, dropbox, atau box.net, sehingga hal ini sangat menakjubkan.

Kerugian Kompres Video Online dengan CloudConvert

File harus ada di cloud & Koneksi internet harus cepat

Kerugian dari konversi cloud online atau transcoding file video cloud yang terbesar adalah bahwa file Anda sudah harus ada di cloud atau Anda memerlukan koneksi internet yang layak (koneksi internet yang cepat) untuk mendapatkan file dengan cepat.

Jika tidak, Anda mungkin harus mengantri untuk mendapatkan kode trans atau konversi di komputer Anda dan membiarkannya berjalan semalaman dan menunggu sampai jadi (terkonversi)

Tapi jika file Anda sudah ada di cloud atau Anda memiliki koneksi internet yang sangat cepat maka ini tidak akan menjadi masalah untuk Anda.

Butuh tempat penyimpanan file video setelah di kompres

Kelemahan lainnya atau hal yang perlu Anda perhatikan adalah tergantung di mana Anda ingin menggunakan file setelah mengonversinya.

Anda sebenarnya mungkin perlu mengunduhnya ke komputer Anda lagi dan jika internet Anda lambat maka itu akan menjadi proses yang lama dan sangat membosankan.

Tetapi kami bisa katakan bahwa cara ini bekerja dengan sangat baik adalah memiliki kemampuan untuk mentranskode atau mengkonversi file video dari satu format ke format lain atau dari satu kualitas ke kualitas lain secara online tanpa perlu mengunduhnya.

Jadi kami sangat merekomendasikan untuk konversi atau kompres file berbasis cloud online yaitu dengan menggunakan flatform cloud convert. Dan seperti yang saya katakan cloud convert punya opsi harga mulai gratis yang akan memberi Anda 25 menit konversi per hari.

Anda juga memiliki opsi berlangganan bulanan di sana juga mulai dari sekitar $8 perbulan memberi Anda seribu menit konversi per bulan. jadi banyak opsi mari kita lihat cloud konversi dan lakukan langkah demi langkah panduan tentang cara kerjanya.

Anda dapat melihat ada banyak jenis file yang didukung dari audio, dokumen-dokumen, ebooks, presentasi, spreadsheet, gambar vektor. jika kita mendapatkan video Anda dapat melihat di sini. Semua jenis file video dan video format yang didukung dan ya semua yang besar ada di sana.

Masuk ke beranda utama, setelah Anda masuk silahkan memilih file Anda dan Anda dapat memilih apakah itu dari URL file, Dropbox, Google Drive, onedrive atau box.net, dll.

Mari kita pergi ke pengaturan masuk ke sini Anda sebenarnya punya beberapa opsi yang cukup keren Anda dapat memangkas video, sehingga Anda dapat mengubah waktu mulai sehingga itu dimulai nanti di video Anda. Sehingga Anda dapat memangkas bagian awal atau bagian akhir dari video Anda

Anda juga dapat memilih codec video atau dapat tetap sama tanpa membaca pengkodeannya tetapi kebanyakan orang ingin membuat perubahan terbesar jadi mari kita pilih H264

kemudian setelah kita memilih codec video kita maka kita dapat memilih semua pengaturan di sekitarnya sekarang default. Untuk sebagian besar pengaturan di panel ini adalah membiarkan semuanya, sehingga Anda hanya perlu membuat perubahan pada hal-hal yang ingin Anda ubah dan yang lainnya akan dibiarkan seperti aslinya

Jadi yang paling penting di sini jika Anda akan menyesuaikan kualitasnya adalah kualitas konstan video Anda atau bit rate video sehingga menyarankan 23 sebagai kualitas normal tetapi Anda dapat menurunkan kualitas dengan memilih bit rate rendah

Anda juga mendapatkan kontrol atas rasio aspek video Anda. Jadi jika awalnya layar lebar dan sekarang Anda ingin membuat empat per tiga atau satu per satu, Anda dapat kengkonvert-nya atau mengubahnya

Anda juga dapat menyesuaikan resolusi video, katakanlah jika Anda memulai video 1080p dan Anda ingin mengkompres ke video 720p dan Anda dapat memilihnya.

Anda juga dapat mengubah kecepatan bingkai video atau bingkai per detik dan Anda juga dapat mengubah rotasi atau transpos video Anda di sini juga, sehingga Anda dapat memutarnya jika itu salah atau terbalik Anda dapat melakukannya.

Anda mendapatkan pengaturan yang sama di sekitar audio jadi jika Anda membiarkannya sama itu akan menggunakan pengaturan dari file asli dan coba cocokkan itu. Anda juga bisa secara manual menentukan kualitas dan memformat audio sesuai keinginan.

Hal lain, jika anda mempunya kemampuan bisa menambahkan subtitle dan jika Anda merasa sangat mahir, maka Anda dapat menambahkan beberapa perintah ffmpeg khusus ke render, tetapi bagi kebanyakan orang saya akan mengatakan bahwa ini adalah pengaturan yang mereka mainkan

Setelah Anda selesai tekan ok dan kemudian yang perlu Anda lakukan hanyalah mengklik START konversi  dan kemudian Anda dapat melihat bahwa itu hampir selesai jika kita mengklik file show kita di Google Drive.

Setelah selesai proses kompres video, Anda dapat melihat di GDrive Anda akan mempunyai dua buah video yaitu video asli dan juga file video yang baru yang sudah dikonpres atau di konversi.

Sebenarnya ada cara lain agar video Anda dikonversi langsung dari dalam Google Drive. Yang perlu Anda lakukan adalah klik kanan file video-nya dan pilih buka dengan lalu pilih cloud convert.

Jika Anda banyak bekerja di dalam Google Drive dan itu dapat menghemat beberapa langkah untuk dapat melakukannya langsung dari dalam Google Drive.

Begitulah cara mudah mengonversi dan Mengkompres file video Anda secara online dan seperti yang Anda lihat itu sangat murah dan mudah untuk melakukannya.

Sekarang menurut pendapat saya ini sangat cocok untuk seseorang yang sudah memiliki file video cloud. Anda tinggal mengunduhnya kembali ke komputer Anda memprosesnya melalui HandBrake atau encoder media atau program lain untuk mengonversinya dan mengunggahnya kembali ke cloud.

Leave a Reply

Your email address will not be published.