Batu Ginjal, Penyebab dan Cara Pencegahannya

Kenapa bisa terjadi batu ginjal ? Batu ginjal akan terjadi ketika terbentuk inti batu yang kemudian setelah mengalami beberapa kali proses diselimuti oleh bahan-bahan lain, yg disebut matriks, terjadilah batu.

Bahan penyusun batu bisa dari kalsium (kapur), asam urat, endapan karena infeksi, baik yg murni maupun campuran dengan zat lain, seperti sitrat, oksalat, atau fosfat.

Batu Ginjal, Penyebab dan Cara Pencegahannya

Kenapa bisa terbentuk batu ginjal?

  1. Urine terlalu pekat karena kurang minum air putih
  2. Jumlah bahan penyusun batu yg terlalu banyak
  3. Adanya sumbatan di saluran bawah atau dalam ginjal. Sehingga terbentuk endapan yg lama2 menjadi batu.
  4. Kurangnya bahan penghambat batu.

Batu yg paling keras dari bahan kalsium, kalau asam urat cukup lunak.

Bagaimana pencegahannya batu ginjal ?

  1. Minum air cukup (lebih dr 50 cc X berat badan/24 jam). Kalau banyak keringat ya dilebihkan. Dengan target kencing minimal 0.5-1 cc X kg BB / jam. Anggap BB kita 60 kg dlm 24 jam kencing kita min 720-1.000 cc & jernih. Tidak pekat. Sekali kencing paling tdk 250-300 cc. Min 4 x kencing/hr.
  2. Sulit untuk ngurangi makanan tinggi kalsium karena saking banyaknya makanan yg mengandung kalsium dengan kadar yg tdk tinggi. Kecuali terlihat kasat mata air minum kita mengandung kapur.
    Yang bisa adalah konsumsi bahan pengikatnya yaitu sitrat. Bisa didapatkan dari jeruk nipis, lemon, berry, & anggur.
    Dengan adanya sitrat yang berimbang dengan kalsium, mereka akan berikatan sehingga kalsium tidak akan mengendap di ginjal.
  3. Kurangi konsumsi makanan tinggi kolesterol yang merupakan bahan dasar asam urat. Karena bisa terbentuk batu urat. Pilihan lain ya kurangi gula/karbo.
    Kenapa? Karena tubuh akan ambil cadangan lemak untuk aktivitas fisik berat (misal olahraga rutin), akibat dari kurangnya cadangan gula kita. So bahan penyusun asam urat berkurang.
  4. Untuk bahan penyusun batu dari oksalat : kacang, bayam, coklat, almond, kentang dgn kulitnya.
    Oxalat akan menjadi batu berikatan dengan kalsium. Jadi ketika kita minum air banyak & konsumsi sitrat, potensi terbentuknya batu kalsium oxalat berkurang.
  5. Minuman cola, teh manis, & sari buah kemasan (bukan alami) mgd byk fosfat & fruktosa yg sangat bs memicu terbentuknya batu ginjal.

Oleh dr. Akhada Maulana, Sp.U (@akhadam77)

Leave a Reply

Your email address will not be published.