Bagaimana menghilangkan hambatan dalam membaca efektif

Meskipun kecepatan membaca tidak sepenting kemampuan memahami pikiran orang tetapi prinsip tetap penting. Semakin tinggi kecepatan membaca akan semakin banyak pekerjaan yang dapat diselesaikan tepat waktu.

Kecepatan membaca dapat ditingkatkan dengan latihan yang teratur atas dasar kemauan yang kuat dan sungguh-sungguh. Ini juga harus berusaha untuk mengurangi berbagai faktor yang menghambat kecepatan membaca.

Menghilangkan hambatan dalam membaca efektif

1. Hilangkan kebiasaan membaca dengan kalimat atau kata yang runcing yang dibaca.

Gerakan fisik dapat mempengaruhi kecepatan membaca seseorang, bahkan dapat mengalihkan perhatiannya. Kebiasaan membaca dengan menunjuk naskah seringkali tidak disadari. oleh seseorang.

Membaca dengan menunjuk antara lain dengan menggunakan jari telunjuk yang mengikuti arah gerakan kepala hidung untuk menunjuk bagian kalimat yang sedang dibaca. Kebiasaan buruk ini hanya bisa diatasi dengan usaha yang sungguh-sungguh.

2. Meningkatkan lebar jangkauan penglihatan.

Saat membaca mata akan berhenti berkali-kali. Setiap stop eye akan melihat sejumlah kata dalam bacaan. Ini disebut “jangkauan penglihatan”, yang bagi pembaca biasa kisaran ini biasanya tidak lebih dari satu kata. Untuk meningkatkan kecepatan membaca, beberapa huruf harus dibaca dalam satu tampilan.

Dengan cara ini gerakan mata pada satu baris dapat dikurangi, sehingga jumlah gerakan mata per menit akan meningkatkan jumlah kata yang dapat dibaca. Seorang pembaca biasa melakukan antara 5 sampai 6 gerakan mata untuk membaca satu baris.

Selain itu, waktu yang dibutuhkan setiap pemberhentian lebih lama dari yang dibutuhkan oleh speed reader. Dengan latihan yang teratur diusahakan membiasakan diri dalam satu gerakan mata harus menangkap kata-kata yang mengandung satu pengertian yang utuh.

3. Mengulangi kebiasaan membaca harus dihilangkan

Yang dimaksud dengan membaca ulang adalah gerakan membaca ulang suatu kata atau kalimat sebelum melanjutkan ke kalimat berikutnya. Pada umumnya kita memang membaca ulang sebagai kebiasaan, tetapi pembaca jarang melakukannya dengan cepat.

Jika bahan bacaan itu agak sulit dicerna oleh otak atau terbentur oleh istilah yang sulit dipahami, serta membiarkan pikiran bertele-tele saat membaca, dapat menyebabkan semakin banyak kemungkinan untuk membaca ulang.

Untuk mengatasi kebiasaan ini maka latihan membaca materi yang mudah harus lebih sering dilakukan. Selain itu juga harus mempertimbangkan situasi lingkungan agar dapat membantu memfokuskan minat dan pikiran dengan lebih baik.

4. Hilangkan kebiasaan membaca nyaring.

Ada sebagian orang yang memiliki kebiasaan membaca nyaring sebagai cara untuk memobilisasi gumaman atau gerakan bibir tanpa suara. Cara memeriksa apakah seseorang termasuk golongan ini adalah dengan meletakkan jari di tenggorokannya untuk memeriksa getaran suara.

Bahkan kesalahan ini dilakukan oleh mereka yang bisa membaca dengan cepat. Kerugian utama adalah kecepatan membaca terikat oleh kecepatan bicara. Jika membaca nyaring membutuhkan tiga langkah: mata, tenggorokan dan otak, pembaca cepat hanya membutuhkan dua langkah, yaitu mata dan otak. Hal ini hanya dapat diatasi dengan latihan yang sungguh-sungguh.

5. Mengatasi kekurangan kosakata.

Pembaca dengan perbendaharaan kata yang terbatas akan sering mengulang membaca untuk memahami maknanya, dan sering berhenti. Ada beberapa cara untuk menambah kosakata yaitu dengan membaca secara luas untuk mengetahui hubungan suatu kata dengan kata lain dalam sebuah kalimat. Yang kedua adalah mencari kamus dan mencatat kata-kata baru yang ditemukan.

6. Faktor lainnya.

Keterlambatan membaca pada dasarnya disebabkan oleh beberapa faktor terutama karena kurangnya pengalaman, persiapan membaca yang kurang memadai, kemampuan mata yang terganggu, postur tubuh yang tidak sesuai, pencahayaan yang terbatas dan kondisi lingkungan yang tidak memenuhi syarat bagi seseorang untuk dapat berkonsentrasi dengan baik. .

Catatan ini telah diposting di Tips dan menandai sumber daya keterampilan akademik membaca yang efektif, pentingnya keterampilan membaca yang baik, pentingnya menulis membaca, membaca universitas, kursus membaca cepat, latihan membaca cepat, perangkat lunak membaca cepat, teknik membaca cepat, tips membaca cepat, latihan kosa kata , permainan kosakata, tes kosakata. Tandai tautan permanen.

Leave a Reply

Your email address will not be published.