WEBSITE UNTUK PENDAFTARAN KARTU PRAKERJA 2021

Setelah lulus sekolah, apakah kamu sedang mencari pekerjaan? Ingin lebih hemat? Ingin mengembangkan diri tanpa mengkhawatirkan biaya? Sekarang persiapkan diri Anda dengan kartu pra-kerja. Seperti itulah kira-kira potongan tagline yang ada di halaman depan website daftar kartu prakerja.

Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu kartu pra kerja, kali ini tim swaraind akan membahas secara tuntas segala hal terkait program bantuan dari pemerintah ini.

Program kartu pra kerja ini merupakan hasil kerjasama antara pemerintah dan pihak swasta yang memiliki kesamaan visi, yaitu membantu mereka yang membutuhkan pengembangan kompetensi permodalan untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Pada tahap awal tahun 2019, program kartu pra-kerja didukung oleh beberapa startup seperti: Tokopedia, Skill Academy dari Ruangguru, OVO, Dana, Hacktiv8, MauBELAJARApa, Link Aja, G2 Academy, Bukalapak, Pintaria, Pijar, sekolah Anda, dan Kementerian. Kekuatan manusia.

Apa itu Kartu Prakerja

Jadi kartu pra kerja merupakan salah satu program bantuan pemerintah bagi masyarakat yang perlu mengembangkan kompetensi kerja atau wirausaha yang nantinya dapat digunakan untuk mencari pekerjaan. Peserta yang lolos seleksi dari Program Kartu Pra Kerja akan mendapatkan insentif atau bantuan finansial yang dapat digunakan kedepannya sebagai modal peserta yang lolos seleksi untuk mencari pekerjaan. Selain itu, bantuan keuangan ini juga dapat diberikan kepada mereka yang di-PHK.

Baca juga : Cara daftar kartu prakerja untuk mendapatkan bantuan rp.3,5 juta

Apakah semua orang bisa mendapatkan program ini? Untuk siapa saja program Kartu Prakerja ini dibuat?

Padahal, kartu pra-kerja ini tidak hanya untuk orang yang mencari pekerjaan, tetapi mereka yang sudah bekerja juga bisa mendaftar untuk mengikuti program peningkatan profisiensi ini. Yang sangat direkomendasikan untuk mengikuti program ini adalah mereka yang telah di-PHK, sedang mencari pekerjaan, pekerja / buruh serta pemilik usaha kecil.

Cara mendapatkannya Kartu Prakerja

Cara mendapatkan kartu pra-kerja ini sangat mudah, Anda bisa langsung menuju link website untuk kartu pra-kerja di dashboard.prakerja.go.id dan mengisi form yang telah disediakan. Namun sebelumnya Anda harus mengetahui syarat wajib yaitu warga negara Indonesia, minimal berusia 18 tahun dan tidak sedang menempuh pendidikan formal (sekolah atau perguruan tinggi).

Namun saat ini (29/12/2020) pemerintah belum mengaktifkan kembali link website daftar kartu pra-kerja, dan hanya peserta yang mendaftar dari batch 1 hingga batch 11 yang bisa login. Dari informasi di situs tersebut juga terdapat informasi bahwa “Pendaftaran untuk tahun 2020 telah ditutup dan akan dibuka kembali pada tahun 2021”.

Orang-Orang Yang Tidak Boleh Mendaftar Kartu Prakerja

Dilansir dari laman resmi prakerja, ada orang-orang yang tidak bisa mendapatkan kartu prakerja, diantaranya adalah :

  1. Pejabat Negara
  2. Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah
  3. Aparatur Sipil Negara
  4. Prajurit Tentara Nasional Indonesia
  5. Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia
  6. Kepala Desa dan perangkat desa
  7. Direksi, Komisaris, dan Dewan Pengawas pada badan usaha milik negara atau badan usaha milik daerah.

Kenapa mereka tidak boleh? karena masih banyak yang membutuhkan bantuan dari program sosial ini, Pejabat Negara ataupun ASN sudah pasti memiliki pemasukan yang stabil, apalasi seperti Direksi, Komisaris dari perusahaan tentunya sangat tidak pantas jika memaksakan diri untuk ikut mendaftar sebagai penerima Kartu Prakerja.

Kapan Kartu Prakerja Kembali Dibuka?

Kartu Prakerja Gelombang 11 pendaftaran online dibuka pada 2 November 2020 dan Gelombang 12 seharusnya pada bulan Desember, tetapi Pemerintah menundanya dan akan dimulai kembali pada awal tahun 2021.

Belum ada tanggal pasti pembukaan kembali pendaftaran kartu prakerja, namun jika melihat informasi yang mereka katakan di situs resminya, akan dibuka kembali pada tahun 2021. Lalu ada informasi bahwa insentif Desember akan dicairkan pada awal tahun 2021, dan dari sini dapat diprediksi bahwa Pendaftaran online untuk gelombang 12 juga akan dibuka pada awal tahun atau Januari 2021.

Jadi, sambil menunggu waktu pendaftaran dibuka, ada baiknya untuk menyiapkan persyaratan yang harus dilengkapi pada saat nanti proses verifikasi data seperti KTP, KK, No Telepon dan juga alamat Email yang aktif dan selalu bisa diakses.

Email dan No Telepon adalah hal yang sangat penting untuk metode verifikasi data pada saat pendaftaran di website kartu prakerja. Jadi harus dipastikan kembali jika anda mengetahui user login dan password email yang digunakan untuk daftar. Selain itu No Telepon juga harus selalu aktif, jangan menggunakan kartu seluler yang biasa sekali pakai untuk kuota internet saja, tapi anda harus menggunakan No telepon yang benar-benar aktif dan bisa menerima SMS.

Jika Email dan No Telepon/HP yang digunakan untuk daftar tidak bisa diakses, maka akan sangat sia-sia anda mendaftar sehingga membuang banyak waktu.

Apa Yang Harus dilakukan Setelah Lolos Seleksi?

Jika nanti anda lolos seleksi / verifikasi daftar kartu prakerja, hal yang harus dilakukan adalah membeli pelatihan dan menyelesaikannya. Nantinya anda harus menyelesaikan 4 pelatihan yang harus dibeli, dan akun kartu prakerja anda akan mendapatkan bantuan dana / insentif disetiap bulannya selama 4 bulan.

Jika masih bingung memilih pelatihan apa yang akan dibeli, berikut ini ada rekomendasi yang mungkin bisa dengan mudah untuk dipahami

Rekomendasi Pelatihan di Kartu Prakerja

  1. Belajar Penggunaan Microsoft Excel untuk Analisa Data dari MyEduSolve – Maubelajarapa.
  2. elatihan dari bidang Teknologi Informasi ini sangat cocok bagi mereka yang ingin bekerja sebagai admin ataupun diperkantoran.
  3. Belajar Penggunaan Microsoft Excel untuk Keuangan’ dari MyEduSolve – Maubelajarapa
  4. Manajemen Keuangan dalam Lingkup Perusahaan’ dari HarukaEdu – PijarMahir
  5. Membuat Dokumen Rapi Dengan Ms. Word ’ dari Course-net – Pijarmahir ini sangat cocok untuk mereka yang ingin bekerja di perkantoran
  6. Belajar Menyusun Presentasi Kreatif dan Menarik’ senilai Data Analitika Indonesia dari Maubelajarapa (Bidang Perkantoran)
  7. Teknologi Informasi untuk Pemula dan Statistika: Ubah Informasi Jadi Data dari HarukaEdu–PijarMahir untuk Bidang Manajemen
  8. Mahir Akuntansi untuk Pemula dan Cek Kesehatan Perusahaan dengan Analisis Laporan Keuangan dari HarukaEdu–PijarMahir
  9. Bertani Pintar: Tingkatkan Produksi Anda! dari Dattabot–Pintaria
  10. Praktek Langsung Menanam Hidroponik dari Rumah Siap Kerja-Tokopedia
  11. Belajar Membuat Japanese Cheese Cake Original’ (Kue Keju Lembut Khas Jepang) Baking World-Maubelajarapa
  12. Kelola Kinerja untuk Usaha Prima dari HarukaEdu–PijarMahir
  13. Menjual Apa pun dengan Mudah dari Studilmu-Bukalapak
  14. Belajar Cepat Cakap Inggris Khusus Pelaku Pariwisata dan Jasa
  15. Belajar Cepat Cakap Bahasa Inggris Khusus Untuk Presentasi dari Cakap-Maubelajarapa
  16. Kiat Sukses Dalam Dunia Kerja dari Studilmu-Bukalapak
  17. Belajar Teknik Berbicara di Depan Umum (Public Speaking) dari Speak Project-Maubelajarapa
  18. Menghasilkan Uang sebagai Fotografer Pemula Pake Kamera HP dan Strategi Pemasaran Digital’ dari HarukaEdu–PijarMahir

Jangan takut Anda tidak akan dapat menyelesaikan tugas, Anda dapat mempelajari materi yang ada sebelum menyelesaikan tugas dari pelatihan yang dibeli. Jika masih bingung bisa menghubungi call center kartu pra kerja di nomor telepon 0800-1503-001 atau bisa juga menghubungi via email di info@prakerja.go.id.

Selain dari call center dan email, Anda juga dapat menggunakan layanan formulir pengaduan untuk mengirim pertanyaan serta mengkritisi saran. Kami harap Anda diberi tahu (Sumber : https://www.teknobgt.com/6676/website-daftar-kartu-prakerja-2021.html)

Baca juga : Tahun 2021 pemerintah akan menyalurkan 3 bansos sekaligus, apa saja?

 

Check Also

Pelecehan Seksual Mencoreng Mimbar Idul Adha: Hasyim Asy’ari Dipecat DKPP

Pelecehan Seksual Mencoreng Mimbar Idul Adha: Hasyim Asy’ari Dipecat DKPP

Masih hangat dalam ingatan publik momen Idul Adha 1445 H di mana Hasyim Asy’ari, kala …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *