5 Rekomandasi Aplikasi Edit Video PC Ringan Gratis Wajib Dicoba

Aplikasi editing video kini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, terutama content creator. Hal ini karena pengguna menginginkan hasil video yang dibuat berkualitas HD dan lebih menarik. Untuk memudahkan proses editing, sekarang sudah banyak aplikasi edit video PC ringan gratis yang bisa dipakai oleh pengguna. Sehingga, proses pengolahan konten tidak membutuhkan spek tinggi dan berbayar.

Meski berlabel gratis, namun fitur-fitur didalamnya cukup komplit, baik untuk kebutuhan editing standar maupun profesional. Sejumlah aplikasi ada yang berbayar untuk bisa mengakses fitur premium di dalamnya.

Aplikasi Edit Video PC Ringan Gratis dan Berfitur Komplit

Berikut ini rekomendasi aplikasi untuk mengedit video gratis di PC berspesifikasi ringan yang bagus.

1. Adobe Premiere Pro

Dikembangkan oleh Adobe, aplikasi ini dikenal sering kali dipakai di kalangan video editor profesional. Adobe Premiere Pro dilengkapi dengan sejumlah fitur yang cukup lengkap serta mudah digunakan.

Bagi pemula, biasanya perlu penyesuaian serta mempelajari fitur-fitur didalamnya terlebih dahulu. Sebab, Adobe Premiere Pro memiliki banyak fitur dan bukan program yang sederhana.

Pengguna dapat mengerjakan editing profesional untuk berbagai kebutuhan seperti video musik, film, YouTube dan lain sebagainya. Untuk menikmati fiturnya, pengguna perlu membayar subscription setiap bulannya. Pengguna juga bisa menikmati aplikasi versi gratis yang ditawarkan developer seperti Adobe Premiere Pro CS2.

2. VirtualDub

Selanjutnya, VirtualDub sepertinya menjadi aplikasi edit video PC ringan gratis yang juga bisa Anda coba. VirtualHub ini cocok digunakan pemula untuk mengedit video sederhana yang tidak membutuhkan proses kompleks. Pengguna bisa merekam layar secara langsung saat melakukan pengeditan hanya lewat fitur Record.

Fitur lain yang ditawarkan seperti pengaturan kecepatan video, convert file, efek hingga mengganti atau menghapus audio. VirtualDub ini didukung dengan user-interface yang nyaman serta gampang diakses oleh pengguna, terutama pemula. Aplikasi ini tidak memerlukan RAM besar ketika memasangnya, sehingga sangat ringan dijalankan.

3. Shotcut

Shotcut tergolong aplikasi multiplatform yang menawarkan proses editing dengan format tertentu seperti gambar, video hingga audio. Pengguna juga dapat melakukan konversi serta mengedit video dengan gampang karena tampilannya yang sederhana. Shotcut juga bisa dipakai untuk mencocokkan serta mencampur frame rate serta resolusi dari file video.

Pengguna dapat melakukan editing melalui timeline sederhana seperti mengatur serta mengoreksi warna, menambahkan saturasi hingga menyesuaikan audio. Pengguna juga bisa membuat perubahan secara leluasa dengan fitur undo atau redo. Jadi, pengguna tidak harus repot mengulangi proses edit dari awal.

4. VSDC

Aplikasi ini dikenal dengan fitur lengkap serta hasil video tanpa watermark yang ringan dijalankan di PC. Melalui VSDC, pengguna bisa memakai berbagai efek, sound effect, transisi dan lain sebagainya. Tampilan interface yang sederhana memungkinkan pengguna tidak merasa kesulitan ketika menggunakannya, terutama pemula.

VSDC menawarkan video yang berkualitas HD serta tidak buram ketika diunggah ke platform lain. Pengguna juga bebas mengatur resolusi video untuk kebutuhan sosial media dan lain sebagainya.

5. Hit Paw

Hit Paw menyediakan fitur standar yang dibutuhkan dalam proses editing video melalui desktop. Fitur yang ditawarkan seperti membuat stop motion, mengganti kecepatan, memotong video serta memasukkan lagu. Pengguna memanfaatkan fitur konversi video dengan mudah dan cepat melalui Hit Paw.

Aplikasi tersebut biasanya tersedia dalam dua versi yaitu gratis serta berbayar, pengguna tinggal menyesuaikan kebutuhan masing-masing. Pengguna dapat menikmati kelengkapan fitur premium lewat opsi berbayar. Pada fitur berbayar, video yang telah diedit dapat terbebas dari watermark yang mengganggu.

Demikian pembahasan tentang aplikasi edit video PC ringan gratis. Pengembang umumnya menawarkan opsi berbayar dan gratis yang bisa dinikmati berdasarkan kebutuhan pengguna. Aplikasi di PC ini sangat cocok untuk proses editing video yang lebih kompleks dibandingkan di ponsel. Selain itu, hasil video pun lebih jernih dan berkualitas tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.