Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Saygon Waterpark: Serunya Menjelajah Pesawat di Atas Wisata Air

Saygon Waterpark didirikan pada tahun 2015 silam, di Kota Pasuruan, Jawa Timur. Destinasi wisata air ini sukses menyita banyak perhatian wisatawan lokal maupun luar kota karena wahana-wahananya yang unik. Sebut saja wahana pesawatnya. Waterpark ini membawa pesawat Boeing asli masuk ke dalam area bermain. Pesawat yang sudah tidak dapat diterbangkan ini disulap menjadi wahana menarik yang menyuguhkan pengalaman terbang sungguhan di tengah-tengah area waterpark. Menarik sekali, ya.

Wisata air terbesar di Pasuruan ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung. Sebut saja toilet bersih, ruang ganti, restoran, hingga penginapan. Jadi bagi anda yang berkunjung dari luar kota tidak perlu khawatir mencari tempat untuk bermalam. Anda dan keluarga pun bisa dengan puas menikmati Saygon Waterpark hingga wisata ini ditutup tanpa takut kemalaman.

Lokasi dan Rute Menuju Saygon Waterpark

Waterpark kebanggaan kota santri ini terletak di Desa Pucangsari, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan. Letaknya cukup strategis dan mudah ditemukan oleh anda yang berangkat dari luar kota, karena berada di jalur antar kota Malang – Surabaya. Akses jalan menuju lokasi pun tergolong lebar. Baik motor, mobil, elf, hingga bus dapat dengan mudah melaluinya.

Rute dari Surabaya dan Sekitarnya Menggunakan Tol

Anda bisa masuk ke Jalan Tol Surabaya – Gempol lewat Gerbang Tol Gunungsari 1. Setelah sekitar 44 km, ambil jalan keluar 55 menuju Pandaan/Prigen/Malang. Kemudian belok kiri menuju Jl. Raya Malang – Pasuruan. Terus ikuti jalan lurus hingga 10 km lagi. Belok kiri di perempatan besar. Terus lurus hingga sekitar 1 km. Tujuan ada di sebelah kiri. Rute ini memakan waktu kurang lebih 1 jam 30 menit dengan lalu lintas normal.

Rute dari Jember dan Sekitarnya Menggunakan Tol

Jika anda berangkat dari arah kota Jember, pertama-tama anda bisa berangkat menuju kota Probolinggo. Kemudian masuk ke Jalan Tol Gempol – Pasuruan lewat Gerbang Tol Probolinggo Timur. Setelah 46 km lagi, ambil jalan keluar 796 menuju Pasuruan/Kejayan. Lalu keluar melalui Gerbang Tol Pasuruan. Ketika sampai di pertigaan jalan raya besar, belok kanan ke Jl. Urip Sumoharjo. Di perempatan besar pertama, anda bisa menemukan Fajar Motor di kanan jalan. Di sini belok kanan menuju Jl. Kyai H. Ahmad Dahlan. Setelah 18 km anda akan menemukan pertigaan dengan billboard Saygon. Belok kanan di sini. Ikuti jalan lurus hingga terlihat Saygon Waterpark di sebelah kanan. Rute ini memakan sekitar 3 jam 36 menit dalam kondisi lalu lintas normal.  

Rute dari Malang dan Sekitarnya Menggunakan Tol

Agar menghemat waktu, anda bisa menggunakan tol untuk mencapai tujuan. Masuk ke Jalan Tol Pandaan - Malang lewat Gerbang Tol Singosari. Belok kiri mengikuti rambu jalan menuju Lawang, Purwodadi, Surabaya.  Tetap di lajur kanan untuk terus berada di Jalan Tol Pandaan – Malang. Lalu keluar di Gerbang Tol Purwodadi. Belok kiri ke Jl. Raya Malang – Gempol. Terus ikuti jalan lurus hingga 1,8 km lagi. Kemudian belok kiri di Tugu Pertigaan Purwosari. Setelah sekitar 6,3 km ke depan, belok kanan ke Jl. St. Sengon Agung. Terus lurus ikuti jalan hingga sekitar 1 km ke depan. Tujuan ada di sebelah kiri jalan. Rute ini bisa ditempuh dalam waktu sekitar 52 menit tanpa istirahat.

Harga Tiket Masuk Saygon Waterpark Terbaru

Sejumlah wahana yang unik dan sederet fasilitas yang memanjakan membuat harga tiketnya terlihat cukup tinggi. Namun tenang saja, tiket wisata air milik Inul Daratista ini tidak menguras kantong, kok. Malahan untuk fasilitas yang ditawarkan, harga tiketnya terbilang cukup murah.

Tiket Selasa – Jumat Rp 35.000

Tiket Sabtu – Minggu Rp 40.000

Tiket High Season atau Hari Libur Besar Rp 45.000

Harga tiket ini berlaku untuk segala golongan usia. Mulai dari anak hingga dewasa. Anak-anak dengan tinggi lebih dari 90 cm sudah dikenakan harga tiket penuh. Jadi untuk bayi dan batita dengan tinggi di bawah itu bisa masuk dengan gratis.

Tarif di atas termasuk tiket masuk wisata dan wahana kolam. Beberapa wahana lain seperti Flying Fox dan Roller Coaster memerlukan pembelian tiket tambahan.

Jam Buka Wisata Saygon Waterpark

Anda dan keluarga bisa mengunjungi taman wisata air ini di hari Selasa hingga Minggu. Mulai dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Penting untuk diperhatikan bahwa wisata ini tidak beroperasi di hari Senin. Jangan sampai salah hari berkunjung, ya.

 Bermain Wahana Seru di Saygon Waterpark

Saat anda tiba di waterpark ini, anda akan disambut oleh banyak wahana yang seru untuk dimainkan. Anda bisa menemukan wahana air maupun kering di sini.

Wahana air Saygon Waterpark

Saygon Beach

Saygon Beach adalah sebuah kolam ombak. Kolam ini memiliki bentuk menyerupai pantai dengan tepian landai seperti bibir pantai. Umumnya, para pengunjung menikmati kolam ini sambil bersantai di atas ban pelampung. Sensasi terombang ambing oleh ombak layaknya di tengah laut pun semakin terasa nyata.

Saygon Waterland

Saygon Waterland merupakan kolam favorit anak-anak. Kolam dangkal ini dipenuhi dengan berbagai permainan air seperti seluncuran dan ember tumpah. Seluncurannya pun ada bermacam-macam. Ada yang berbentuk lurus, lebar, berkelok, dan spiral. Karena area ini memang dikhususkan sebagai tempat bermain anak-anak, semua seluncurannya tergolong pendek dan cukup landai. Anak anda juga pasti akan menyukai sensasi diguyur air deras yang ditumpahkan dari ember raksasa.

Saygon River

Kolam yang satu ini adalah kolam arus ala Saygon Waterpark. Bentuknya yang panjang dibuat mengitari area Saygon Beach dan Waterland. Anda dapat bersantai di atas ban pelampung sambil arus tenang kolam.

Saygon Olympic Pool

Terdapat dua kolam dengan peruntukan yang berbeda di sini. Yang pertama adalah kolam Olympic yang dikhususkan untuk perlombaan. Yang kedua adalah kolam pemanasan yang memiliki ukuran lebih kecil dan dangkal. Selain itu tempat ini dilengkapi pula dengan monitor besar untuk menampilkan berbagai informasi terkait perlombaan. Dan juga 2 buah tribun penonton berkanopi di sebelah kolam.

Heroes Twister Slide

Sesuai dengan namanya, Heroes Twister Slide adalah wahana seluncuran air dengan lintasan yang berkelok-kelok. Seluncuran ini memiliki lintasan yang panjang dan atap tertutup. Untuk menaikinya, anda tidak perlu menggunakan ban pelampung.

Heroes Extreme Slide

Seluncuran ini adalah yang paling memacu adrenalin di Saygon Waterpark.  Wahana ini memiliki 2 lintasan seluncuran lurus. Sesuai namanya, seluncuran ini memiliki kemiringan yang sangat curam. Sehingga anda akan meluncur dengan kecepatan tinggi lalu dihempaskan dengan kuat ke dalam kolam.

Heroes Turbo Slide

Seluncuran ini berukuran lebih lebar jika dibandingkan dengan kedua seluncuran sebelumnya. Lintasannya yang berkelok memiliki atap terbuka, sehingga anda bisa melihat jelas pemandangan waterpark dari ketinggian. Anda diharuskan untuk menaikinya dengan ban pelampung.

Funtastic Babies Pool

Seperti namanya, kolam ini dikhususkan untuk balita. Kolamnya memiliki kedalaman sangat dangkal. Sehingga aman bahkan bagi bayi yang baru belajar berjalan. Terdapat seluncuran mini, pancuran air berbentuk karakter jamur, dan mainan air lain yang seru dimainkan balita.

Kolam Terapi Ikan

Di sini anda bisa duduk di tepi kolam sambil menikmati ikan-ikan kecil membersihkan kaki anda. Kolam terapi ikan bisa anda nikmati dengan gratis. Letaknya ada di dekat Funtastic Babies Pool. 

Wahana Kering Saygon Waterpark

Waterpark  ini juga menghadirkan sejumlah wahana kering untuk dinikmati pengunjung. Yuk simak ulasan lengkapnya.

Flying Chair

Salah satu wahana kering yang ada di waterpark ini adalah Flying Chair. Anda akan dibawa tinggi ke udara, berputar-putar bersama sejumlah pengunjung lainnya. Untuk menaiki Flying Chair anda perlu merogoh kocek lagi sebesar Rp 10.000 per orang.

Roller Coaster

Di Saygon Waterpark juga ada Roller Coaster, lho. Hanya saja Roller Coaster yang satu ini bukanlah permainan ekstrim. Jadi  kecepatan wahana ini tidak terlalu tinggi. Karenanya, wahana ini bisa dimainkan oleh anak-anak hingga orang dewasa.

Simulasi Penerbangan Pesawat

Ini adalah ikon utama Saygon Waterpark. Wahana ini terbuat dari tubuh pesawat asli yang sudah tidak digunakan. Pesawat yang digunakan adalah Boeing 737-400. Kabinnya masih sama seperti susunan pesawat  aslinya, yakni dengan susunan kursi penumpang 3-3. Namun ada sedikit modifikasi pada kabin. Seperti penambahan proyektor dan layar agar kabin bisa digunakan untuk memperlihatkan video simulasi penerbangan. 

Pengalaman Menginap di Sekitar Saygon Waterpark

Di waterpark  ini tersedia fasilitas penginapan bagi para pengunjung yang ingin bermalam. Terdapat dua tipe penginapan yang siap mengakomodasi anda dan keluarga. Yakni Saygon Cottage dan Saygon Inn.

Saygon Cottage

Penginapan yang satu ini menawarkan sensasi menginap di rumah joglo tradisional. Lokasinya berada di dalam area waterpark, tepatnya di paling ujung, dekat dengan Flying Chair. Mengantongi penilaian 8,3 dari Traveloka, penginapan ini terbukti nyaman dan memuaskan dalam mengakomodasi pengunjung Saygon Waterpark. Tempat ini juga menyediakan Family Room yang berkapasitas maksimal 3 orang. Cocok untuk anda yang berlibur bersama keluarga. Untuk harganya berkisar di Rp 440.000 per malam.

Saygon Inn

Berbeda dengan Saygon Cottage, Saygon Inn menawarkan pengalaman menginap yang lebih modern. Kamarnya didekorasi dengan dominan warna putih dengan aksen kayu. Kamar yang disediakan mulai dari standard, deluxe, hingga family room. Untuk bednya anda juga bisa memilih sesuai kebutuhan anda, entah bed double atau twin. Harga per kamarnya dipatok sekitar Rp 390.000 per malam. 

Berlibur Nyaman Dengan Fasilitas Lengkap

Pihak pengelola waterpark telah menyiapkan sederet fasilitas untuk meningkatkan kenyamanan anda dan keluarga saat berlibur di sini. Dari loker barang hingga gazebo, semuanya ada. Yuk lihat apa saja fasilitasnya.

Loker Barang

Fasilitas ini bisa anda manfaatkan untuk menyimpan barang berharga selama anda asyik bermain air. Anda bisa menyimpan tas, dompet, handphone, dan barang lainnya di sini. Kuncinya bisa anda masukkan ke saku dan bawa sambil berenang agar tidak hilang. Atau anda bisa menitipkannya pada anggota keluarga yang tidak ikut berenang. Jumlah loker yang disediakan cukup banyak. Jadi anda tidak perlu khawatir tidak kebagian loker, ya.

Mushola

Saygon Waterpark menyediakan mushola sebagai sarana ibadah bagi pengunjung beragama islam. Mushola ini berada di sebelah kiri pintu masuk, dekat dengan ruang medis dan loket pelampung. Anda tidak akan kesusahan menemukannya.

Mushola ini cukup terjaga kebersihannya. Ruang ibadahnya dilengkapi dengan karpet sholat yang  bersih, tersedia juga 5 buah kran wudhu untuk digunakan pengunjung. Dapat dipastikan bahkan mushola waterpark ini dapat mengakomodasi pengunjung dalam beribadah meskipun di saat high season.

Kamar Ganti

Terdapat kamar ganti untuk pria dan wanita di Saygon Waterpark. Kamar gantinya terletak di tepi kiri area waterpark. Di sebelah kamar ganti juga terdapat toilet yang bisa anda gunakan untuk berganti pakaian saat ruang ganti sedang penuh.

Ruang Medis/P3K

Kecelakaan di taman hiburan bisa saja terjadi setiap saat. Karena itu, penting bagi setiap taman hiburan untuk menyediakan tempat pertolongan medis pertama bagi pengunjung. Ruang medis ini terletak persis di sebelah pintu masuk waterpark. Terdapat perban dan obat-obatan yang cukup. Jika anda terkilir, mengalami lecet, atau merasa tidak sehat dan butuh bantuan medis, jangan segan untuk datang ke ruang ini.

Penyewaan Ban Pelampung

Belum sempurna rasanya jika bermain tanpa ban pelampung. Meskipun anda sudah jago berenang, kami sarankan bagi anda untuk tetap menyewa ban pelampung. Karena ada wahana-wahana tertentu yang lebih asyik dimainkan menggunakan ban pelampung.  Tarif sewanya pun cukup terjangkau. Hanya Rp 10.000 untuk tipe single dan Rp 15.000 untuk yang tipe double. Dengan membayar uang sejumlah tersebut, anda sudah bisa memakainya seharian sampai puas.

Kursi Payung Dan Bangku Taman

Tempat istirahat yang memadai sangat krusial bagi sebuah waterpark. Karena kegiatan berenang dan bermain itu bisa sangat melelahkan. Maka dari itu, pihak developer menyediakan kursi payung dan bangku payung untuk mengakomodasi kebutuhan ini. Kedua tersebar merata di seluruh area waterpark. Baik di tepi kolam, area taman, hingga di area pinggiran waterpark. Fasilitas ini  bisa anda manfaatkan dengan gratis.

Gazebo

Di beberapa waterpark, fasilitas gazebo mungkin termasuk sebagai fasilitas berbayar. Namun di Saygon Waterpark, anda bisa menikmatinya dengan gratis. Anda dan keluarga bisa memanfaatkan tempat ini untuk beristirahat melepas lelah. Gazebo bisa anda ditemukan di pinggiran kolam dan tersebar di area taman. Selain itu, gazebo ini juga dilengkapi dengan beberapa colokan listrik. Anda bisa memfungsikannya untuk mengecas handphone atau alat elektronik  lainnya.

Meski gazebo ini bisa anda nikmati dengan gratis seharian, tetap ingat untuk menjaga kebersihan, ya. Sebaiknya buang bungkus makanan dan kotoran lainnya di tempat sampah. Pastikan kondisi gazebo bersih saat anda dan keluarga selesai memakainya agar waterpark senantiasa nyaman digunakan oleh pengunjung lainnya.  

Food Corner Saygon Waterpark

Setelah beraktivitas seharian, anda bisa memuaskan lapar dan dahaga anda di Food Corner milik waterpark. Food Corner ini terletak tepat di sebelah pintu keluar wisata. Tempatnya cukup strategi sehingga bisa ditemukan dengan mudah.

Tempatnya sendiri tidak terlalu besar untuk sebuah food corner waterpark. Namun tergolong cukup mengakomodasi anda dan keluarga yang ingin menyantap makan siang di sini. Dilengkapi dengan beberapa meja makan khusus untuk pengunjung.

Terdapat beberapa vendor yang menjual berbagai jenis makanan, minuman, serta perlengkapan lain yang mungkin dibutuhkan oleh pengunjung, seperti minyak telon untuk anak-anak. Ragam makanan dan minuman yang ditawarkan antara lain, bakso, ayam crispy, burger, dan pizza. Ada juga makanan ringan seperti cilok, sosis bakar, dan seblak. Ada pula sederet pilihan minuman dingin dan panas yang bisa anda pilih.

 

Itulah informasi tentang wahana Saygon Waterpark dan segala fasilitas yang ditawarkannya. Dengan harga terjangkau dan permainan melimpah, waterpark ini sangat menarik untuk dimasukkan ke itinerary liburan anda selanjutnya. Ajak keluarga dan orang terdekat anda untuk merasakan serunya bermain air di waterpark kebanggan kota Pasuruan ini!

Posting Komentar untuk "Saygon Waterpark: Serunya Menjelajah Pesawat di Atas Wisata Air"