Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keseruan Transera Waterpark, Gabungan Wahana Air dan Taman Hiburan Bertema Afrika!

Transera Waterpark adalah salah satu destinasi wisata air terbaik di Bekasi. Waterpark bertemakan alam Afrika ini didirikan di Jl. Harapan Indah Boulevard, Kabupaten Bekasi, pada 2013 lalu. Sejak saat itu, tempat ini telah dikunjungi oleh jutaan wisatawan, baik dari dalam kota, luar kota, hingga wisatawan mancanegara. Dengan luasnya yang mencapai 6,3 hektar, tempat ini diklaim sebagai wisata permainan air terbesar se Jabodetabek.

Waterpark ini memang sempat tutup sementara dikarenakan wabah Covid 19. Namun sekarang destinasi wisata ini sudah kembali beroperasi dengan normal sejak Januari 2021 lalu. Manajemen sudah menyiapkan sekitar 25 tempat cuci tangan yang tersebar di seluruh area waterpark sebagai langkah pencegahan Covid 19. Pengunjung yang datang juga dihimbau untuk mendapatkan vaksin Covid 19 terlebih dahulu.

Meski begitu, hal ini tidak menghilangkan minat wisatawan untuk berkunjung ke Transera Waterpark. Terbukti dengan angka pengunjung waterpark yang membludak setiap harinya. Disebutkan bahwa angka ini bisa menyentuh sekitar 2.000 orang per hari. Dan bahkan bisa naik menjadi sekitar 5.000 orang pengunjung di akhir pekan.  

Menikmati Taman Hiburan dan Waterpark Sekaligus di Transera Waterpark

Tidak seperti wisata air lainnya, Transera Waterpark menggabungkan konsep taman hiburan dan waterpark dalam satu tempat. Jadi terdapat area Waterpark dan Dry Park di dalamnya. 

Area waterpark dikhususkan untuk area basah dimana dipenuhi oleh kolam dan berbagai permainan air seperti seluncuran. Sedangkan Dry Park diisi oleh beragam permainan kering yang seru, seperti Gali Gali dan Lampion Park. Inilah alasan mengapa banyak wisatawan yang ingin berlibur di sini. Karena cukup dengan membeli satu tiket, mereka dapat menikmati keseruan taman hiburan dan kepuasan bermain air seharian. 

Ragam Wahana Seru di Area Transera Waterpark

Jika ditotal, Transera Waterpark memiliki 23 wahana yang bisa anda mainkan sepuasnya. Wahana-wahana ini tersebar baik di area Waterpark dan Dry Park. Anda yang mendambakan sensasi bermain air bersama orang terdekat, bisa mencoba wahana-wahana yang ada di area Waterpark. Dan jika setelahnya anda ingin bersenang-senang tanpa harus basah-basahan, anda bisa menuju area Dry Park.

Ingin tahu apa saja wahananya? Simak penuturan lengkapnya di bawah ini.

Cango Slide

Wahana ini merupakan seluncuran air berbentuk spiral yang cukup memacu adrenalin anda. Ada dua jenis Cango Slide yang tersedia. Yaitu seluncuran dengan atap terbuka, dan seluncuran dengan atap tertutup. Keduanya sama-sama seru, kok. Tapi tentunya, Cango Slide dengan atap terbuka memungkinkan anda melihat pemandangan yang luar biasa dari ketinggian. Sehingga ketegangan berseluncurnya lebih terasa. 

Zambesi River

Tidak lengkap rasanya jika waterpark sebesar ini tidak memiliki kolam arus. Zambesi River adalah kolam arus versi Transera Waterpark. Kolam ini memiliki panjang yang luar biasa, yaitu 400 meter. Bentuknya berkelok kelok mengitari area wahana lainnya. Di sepanjang kolam juga dihiasi dengan dedaunan hijau yang ditata dengan estetik, sehingga dapat menyegarkan mata. Ada pula patung-patung dekorasi yang menceritakan petualangan seorang pemuda dalam mencari sebuah pedang sakti dan usahanya mengusir penyihir jahat yang mencelakai desanya.

Turkana Pool

Wahana selanjutnya adalah wahana air yang aman bagi anak-anak. Yakni Turkana Pool. Tempat ini adalah sebuah kolam dangkal yang kedalamannya hanya 40 cm. Tingginya sangat cocok untuk anak-anak usia balita, bahkan  masih nyaman dinikmati oleh anak usia sekolah dasar. Kolam ini dipenuhi dengan seluncuran air yang landai dengan berbagai bentuk. Ada yang berbentuk lurus dan ada yang berkelok. Atapnya pun ada yang terbuka dan ada yang tertutup. Lalu di atas set rangka seluncuran air, ada ember raksasa yang akan menumpahkan air apabila sudah terisi penuh. 

Dunky Ducks

Bukan seluncuran atau kolam renang. Dunky Ducks merupakan area permainan bumper car versi air. Bumper car di sini disebut sebagai bumper boat. Bumper boat tersebut dilengkapi dengan pistol air di depannya. Kemudian di bawah bumper boat ada kolam dangkal berisi air sebagai media geraknya. Anda dan keluarga bisa menaiki bumper boat yang berbeda, lalu bermain  kejar-kejaran, dan saling menembakkan air ke satu sama lain. Terdengar seru sekali, ya.

Mosi Oa-tunya

Kembali dengan wahana seluncur air. Mosi Oa-tunya merupakan salah satu wahana ekstrim yang dimiliki Transera Waterpark. 4 lintasan seluncurnya diletakkan bersebelahan dan dicat bak pelangi. Uniknya, Mosi Oa-tunya memiliki gundukan di tengahnya. Sehingga jika dari jauh, seluncuran ini terlihat seperti dua buah anak tangga. Saat anda melewati gundukan ini, anda akan sedikit terlempar dan merasakan sensasi ‘melayang’ sejenak di udara. Karena letak seluncurannya yang bersebelahan, wahana ini seru untuk digunakan sebagai ajang balapan bersama teman.

Crazy Cone

Wahana seluncuran air ini sedikit berbeda dari seluncuran pada umumnya. Di lintasan berkeloknya yang sepanjang 30 meter, terdapat 3 corong besar yang harus anda lewati. Karena gaya dihasilkan pada saat meluncur, anda akan terombang -ambing ke kanan dan kiri saat melewati ketiga corong ini. Dijamin anda bakal ketagihan! 

Golwe Pool

Ikon Transera Waterpark ini selalu ramai dipadati pengunjung, baik saat weekday maupun weekend. Golwe Pool adalah kolam dengan tepian landai yang dilengkapi dengan ombak buatan layaknya pantai sungguhan. Tentunya pengalaman diombang-ambing oleh ombak akan lebih seru bila sambil bersantai di atas ban pelampung. Untuk membuatnya lebih menyenangkan, tersedia juga panggung pertunjukan di kolam yang memainkan live musik. 

Wahana Dry Park Yang Tak Kalah Seru

Usai berjam-jam bermain air di area waterpark, kini saatnya beralih ke area Dry Park. Dry Park memiliki beberapa wahana permainan baik untuk anak maupun dewasa. Ada juga wahana yang aman dimainkan oleh segala usia. Area Dry Park sendiri sudah termasuk dalam tiket yang beli di awal. Jadi anda tidak perlu membeli tiket tambahan untuk bersenang-senang di area ini. Apa saja wahananya? Yuk lihat penjelasan di bawah ini.

Obus

Obus adalah area bermain yang diperuntukkan bagi anak-anak. di dalamnya didekorasi mirip seperti kompleks rumah tradisional Afrika. Area ini juga dilengkapi dengan perlengkapan bermain outdoor anak, seperti panjat tali dan sebagainya. Mirip seperti playground.

Gari-Gari

Gari-gari adalah permainan bom bom car seru yang dilengkapi dengan sistem pencahayaan yang keren. Pihak Transera Waterpark mengklaim bahwa di Indonesia belum ada wahana bom bom car yang dilengkapi pencahayaan dan grafis tingkat tinggi seperti ini.

Tangalooma

Tidak hanya area waterpark yang memiliki seluncuran. Area Dry Park juga memiliki seluncuran, lho. Bedanya, seluncuran ini tidak menggunakan air sedikit pun dalam penggunaannya. Lintasannya terbuat dari serat fiber kasar namun cukup licin untuk membuat ban karet jatuh dengan mulus. Seluncuran Tangalooma ini cukup lebar. Bahkan masih nyaman apabila ada 10 orang meluncur sekaligus. 

Lampion Park

Sesuai namanya, Lampion park merupakan taman outdoor yang dipenuhi dengan lampion dengan berbagai bentuk. Mulai dari yang berbentuk tanaman, bunga-bungaan, binatang lucu, karakter kartun, hingga ornamen bertema Afrika. Lampu di Lampion Park mulai dinyalakan pada pukul 18.00 sampai 19.00 WIB. Waktunya memang sangat singkat. Jadi pastikan anda dan keluarga sudah berada di Lampion Park sebelum pukul 18.00 WIB agar puas menikmatinya.

Vilakazi Stage

Vilakazi Stage adalah panggung pertunjukan dengan dimensi 20 x 12 meter. Panggung ini dilengkapi dengan sound system menggelegar dengan daya 30.000 watt. Vilakazi Stage kerap dijadikan sebagai lokasi konser bagi artis tanah air.

Transera Karaoke

Hiburan lain yang bisa dinikmati di Dry Park adalah Transera Karaoke. Anda yang hobi seru-seruan sambil bernyanyi wajib mencoba tempat karaoke yang satu ini. Ruang karaokenya dilengkapi dengan televisi LED dengan banyak pilihan lagu. Untuk konsol sistem karaokenya sendiri sudah menggunakan touchscreen. Anda bisa mengunjungi Transera Karaoke ini secara terpisah tanpa harus membeli tiket Transera Waterpark. Jadi jika anda sewaktu-waktu ingin berkaraoke, anda bisa ke sini tanpa harus masuk ke waterpark dulu. 

Puaskan Lapar dan Dahaga di Cowboy Town

Cowboy Town adalah area dimana pengunjung bisa membeli makanan dan minuman setelah seharian asyik bermain di Transera Waterpark. Area ini dipenuhi dengan berbagai pilihan makanan yang memanjakan lidah anda. Baik makanan berat, minuman, maupun snack, semuanya ada.

Seluruh area Cowboy Town didekorasi layaknya kota Texas di tahun 1800an. Eksterior food stall, hiasan pagar, hingga pernak pernik pelengkapnya mirip dengan suasana kota koboi. Anda bahkan bisa menemukan roda dan gentong kayu khas Texas tua. 

Waterpark Dengan Fasilitas Lengkap

Mengunjungi Transera Waterpark terasa sangat nyaman dengan adanya fasilitas pendukung yang sudah disediakan oleh pengelola. Fasilitas tersebut seperti gazebo, ATM, mushola, souvenir shop, dan toilet yang memadai. Bagi para pengunjung yang basah-basahan di waterpark, anda bisa memanfaatkan sejumlah ruang ganti yang telah disediakan. Ruang ganti pakaian ini terpisah dengan toilet. Sehingga anda tidak perlu berdesakan mengantri dengan orang yang ingin pergi ke toilet.

Disediakan pula Nursery Room untuk bunda-bunda yang membawa bayinya berlibur ke sini. Nursery Room bisa anda manfaatkan untuk menyusui, mengganti popok, mengganti baju, dan hal lain yang berkaitan dengan merawat buah hati anda. Privasi Nursery Room cukup terjaga. Jadi anda tidak perlu khawatir kegiatan anda bersama buah hati terlihat oleh publik.

Bagi pengunjung yang merasakan ada masalah kesehatan, bisa memanfaatkan fasilitas Clinic Room. Pengguna Clinic Room biasanya adalah pengunjung yang mengalami cedera minor saat bermain di area waterpark. Seperti terkilir, terpeleset, atau terbentur bagian kolam saat berenang. Clinic Room dilengkapi dengan kasur pasien dan obat-obatan pertolongan pertama yang cukup lengkap. Jangan ragu untuk kesini jika anda perlu bantuan medis, ya.

Selain itu ada pula fasilitas bagi anda yang ingin mengadakan acara di Transera Waterpark. Waterpark ini memiliki Function Hall berkapasitas 200 orang yang bisa anda sewa. Asyiknya, aula ini memiliki pemandangan langsung ke area waterpark. Orang di dalam Function Hall bisa melihat berbagai wahana dan segala aktivitas seru pengunjung waterpark. Hal ini memberi warna tersendiri bagi ruangan sehingga tidak terasa membosankan. 

Harga Tiket Masuk Transera Waterpark Tahun 2024

Tiket masuk kawasan waterpark bisa dibeli secara offline maupun online. Disediakan 8 buah ticketing machine bagi anda yang ingin membeli tiket secara offline. Anda tinggal memilih tipe tiket yang akan dibeli dan langsung melakukan pembayaran sendiri di anjungan tersebut tanpa perlu ke loket. Ticketing machine ini sangat membantu mengurangi antrian, terutama pada hari-hari high season dimana jumlah pengunjung membludak. Namun jika anda merasa kurang nyaman bertransaksi menggunakan mesin ini, anda bisa mengantri di loket untuk membeli tiket.

Sedangkan bagi anda yang ingin membeli tiket jauh-jauh hari, anda bisa langsung memesan secara online. Bisa melalui situs resminya yaitu www.transerawaterpark.co.id, atau melalui situs online booking lain. Traveloka, Tiket.com, dan Klook adalah beberapa situs yang menjual tiket waterpark ini. Berikut harga tiket masuknya:

Weekday (Senin s/d Kamis) : Rp 95.000

Weekend (Sabtu s/d Minggu) dan High Season : Rp 150.000  

Informasi Jam Buka Transera Waterpark Terbaru

Transera sempat mengumumkan untuk berhenti beroperasi sementara saat bahaya Covid 19 gencar mengintai. Waterpark ini kini sudah beroperasi kembali seperti sedia kala. Semua wahananya pun sudah dibuka dan dapat dinikmati dengan leluasa.

Jam operasionalnya masih tetap sama seperti dulu. Yakni dari pukul 10.00 hingga 18.00 WIB selama hari senin hingga jumat. Sedangkan untuk hari sabtu, minggu, dan high season, tempat wisata ini akan dibuka lebih pagi. Yakni mulai dari pukul 08.00 WIB dan tutup pada pukul 18.00 WIB. Hal ini untuk mengantisipasi ramainya pengunjung. Sehingga semua bisa menikmati wisata ini dengan lebih puas di hari libur.

Lokasi Transera Waterpark Bekasi

Waterpark ini berlokasi di Jl. Harapan Indah Boulevard, Pusaka Rakyat, Kec. Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Lebih tepatnya, waterpark ini terletak di dalam area sebuah perumahan. Yakni perumahan Kota Indah Bekasi.

Transera Waterpark bisa dijangkau dengan busway, motor, mobil, dan bus. Lahan parkir yang disediakan untuk mengakomodasi kendaraan anda juga sangat luas. Dilansir dari laman resminya, lahan parkir Transera sanggup menampung hingga 1331 kendaran dari berbagai jenis. Jadi anda tidak perlu kebingungan mencari tempat parkir.

Menggunakan Bus Transjakarta

Anda yang menggunakan bus Transjakarta bisa mengambil rute 2B: Harapan Indah. Lalu anda bisa turun di Halte Harapan Indah. Manajemen waterpark sudah menyiapkan shuttle bus dari halte ini menuju lokasi khusus untuk pengunjung waterpark.

Menggunakan KRL Commuter Line

Pilih KRL Commuter Line dengan tujuan Bekasi. Kemudian anda bisa turun di Stasiun Kranji, stasiun yang paling dekat dengan waterpark. Dari sana anda bisa menaiki ojek offline maupun online. Tujuan anda bisa dicapai dalam 18 menit.

Menggunakan Mobil Pribadi

Anda bisa keluar tol di Pintu Tol Cakung atau di Pintu Tol Bekasi Barat. Namun Pintu Tol Cakung lebih dekat ke Transera Waterpark. Dari Cakung ke lokasi hanya memakan waktu sekitar 19 menit. Sementara dari Pintu Tol Bekasi Barat perlu waktu sekitar 30 menit. 

Itulah informasi penting terkait Transera Waterpark yang perlu anda ketahui. Adapun harga tiket di atas merupakan harga tiket normal sebelum diskon. Untuk rombongan, ada harga khusus yang ditawarkan oleh pihak manajemen. Ada juga potongan harga yang diberikan sewaktu-waktu oleh pihak waterpark. Pantau terus akun instagram resminya di @transerawaterpark.bekasi untuk update terbaru mengenai promosi dan hal lainnya.


Posting Komentar untuk "Keseruan Transera Waterpark, Gabungan Wahana Air dan Taman Hiburan Bertema Afrika!"