Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jogja Bay Waterboom: Harga Tiket, Lokasi, Wahana dan Jam Buka Terbaru 2023

Jogja Bay Waterboom menjadi salah satu spot wisata terbaik di kota Yogyakarta. Tempat ini penuh dengan wahana air yang bisa anda nikmati bersama keluarga. Selain popularitasnya yang sedang naik daun, wisata air bertema bajak laut ini ternyata cukup membanggakan Indonesia, lho.

Pasalnya, wisata ini telah dinobatkan sebagai wisata air terbesar ke 3 se asia tenggara oleh TripAdvisor pada tahun 2019 lalu. Bahkan mengalahkan Wild Wild Wet milik Singapore yang terkenal di mancanegara.

Spot wisata air ini juga mengantongi sertifikasi CHSE dari Kemenparekraf dengan nilai tinggi, yakni 100%. Jadi bisa dipastikan kalau semua wahana permainannya sudah teruji keamanan dan kebersihannya, ya.


Wahana di Jogja Bay Waterboom

Waterboom seluas 7,7 hektar ini menjadi rumah bagi 14 wahana seru, termasuk South Beach, Hip Playground, dan beraneka seluncuran air raksasa yang memicu adrenalin. Bentuk seluncuran yang disediakan juga beragam. Mulai dari yang berbentuk lurus ke bawah yang membuat anda bisa merasakan serunya meluncur dengan kecepatan tinggi. Atau yang berbentuk spiral, yang membawa anda berputar-putar terlebih dahulu sebelum menceburkan anda ke kolam di bawahnya.

Bagi anda yang berencana membawa anak kecil, terdapat juga kolam khusus yang aman untuk anak. Kolam ini lengkap dengan seluncuran air hingga ember tumpah yang sangat digemari oleh anak. Menyenangkan bukan? 

Penasaran apa saja wahana yang bisa anda nikmati di Jogja Bay Waterboom? Yuk simak penuturan lengkapnya di bawah ini.

Memo Racer

Dengan tinggi 20 meter, Memo Racer merupakan seluncuran raksasa dan panjang yang dapat memicu adrenalin anda. Wahana yang menantang ini memiliki 8 lintasan seluncur yang  berbentuk spiral di ujung awalnya dan lurus memanjang di setengah akhirnya. Wahana ini populer di kalangan pengunjung dewasa yang menyukai adrenalin. Karena ketinggiannya yang cukup menantang, wahana ini hanya dapat dinikmati oleh pengunjung dewasa saja, ya. Namun jangan khawatir. Jogja Bay juga menyediakan banyak wahana lain yang dapat dinikmati oleh anak-anak, kok.

Bekti Adventure

Bekti Adventure merupakan wahana seluncur air dengan lintasan terbuka berkelok yang cukup lebar. Berbeda dengan Memo Racer, anda diharuskan menaiki pelampung tandem bersama maksimal 3 teman anda menuruni seluncuran. Sungguh menyenangkan!

Volcano Coaster

Volcano Coaster adalah wahana air berbasis seluncuran, sama seperti kedua wahana sebelumnya. Hanya saja, wahana ini memiliki tema yang cukup unik. Sesuai namanya, Volcano Coaster memberikan sensasi berseluncur seperti di tengah-tengah lanskap gunung berapi. Seluncurannya pun diwarnai dengan warna merah-putih, agar menyerupai lava. Yang membuatnya lebih menarik, anda bisa menikmati keseruan wahana ini bersama 1 teman anda di atas pelampung tandem berkapasitas 2 orang.

Timo Rider

Apakah ketiga wahana sebelumnya terlalu menegangkan bagi anda? Kalau begitu, anda bisa mencoba Timo Rider. Wahana ini memiliki seluncuran yang lebih pendek dan lebih rendah jika dibandingkan dengan ketiga wahana sebelumnya. Dengan tinggi 14 meter dan panjang total 116 meter, Timo Rider cocok bagi anda yang tidak terlalu suka adrenalin berlebih namun masih tetap mendambakan keseruan seluncur air. Anda jangan khawatir mengantri, karena Timo Rider menyediakan 2 lintasan berkelok yang bisa anda pakai sepuasnya.

Jolie Raft River

Sesuai namanya, Jolie Raft River menawarkan pengalaman seluncur air cepat selayaknya rafting. Meluncur dari ketinggian 14 meter disertai dengan aliran air yang deras, anda akan dibawa dengan cepat menyusuri 140 meter lintasan seluncur selayaknya rafting. Wah, rasanya rugi kalau tidak mencoba.

Brando Boomerango

Kembali dengan wahana seluncur air. Brando Boomerango hadir dengan konsep seluncur seperti boomerang. Seluncur ini memiliki lintasan tertutup yang licin, membuat anda meluncur cepat. Lalu anda akan dikeluarkan ke lintasan terbuka yang menukik ke atas, sehingga tubuh anda akan kembali meluncur kembali ke arah sebelumnya, seperti boomerang. Dan pada akhirnya anda akan jatuh ke dalam air. Terdengar seru, bukan?

Wahana ini bisa anda nikmati sendiri atau berdua dengan teman anda. Jika anda ingin menikmatinya berdua, anda bisa memilih menggunakan pelampung tandem berkapasitas 2 orang.

Ziigi Giant Barrell

Ziigi Giant Barrel adalah salah satu wahana air favorit anak-anak di Jogja Bay. Wahana ini memiliki 8 seluncuran air, 2 ember tumpah, dan kolam dangkal yang luas di bawahnya. Unsur utama dari wahana ini adalah Giant Barrel atau ember tumpahnya. 

Terdapat dua ember besar di atas set rangka seluncur air yang sedikit demi sedikit diisi air. Ketika sudah penuh, maka ember akan tumpah mengguyur anak-anak yang bermain di bawahnya. Sangat seru! Pastikan anda menyiapkan kamera untuk mengabadikan momen ini.

Mimi Family

Wahana Jogja Bay lain yang aman dimainkan oleh anak-anak adalah Mimi Family. Wahana ini cocok untuk anak-anak yang menyukai permainan air yang tenang. Kedalaman kolamnya hanya 0,4 meter, dangkal dan aman untuk anak bermain air mandiri. Mimi Family juga memiliki 3 seluncuran landai yang aman untuk anak-anak.

Hip Playground

Hip Playground adalah taman bermain air yang pastinya sangat disukai oleh anak-anak. Area ini dipenuhi oleh pancuran air di sana-sini. Ada yang tertanam di lantai, ada pula yang tertanam di pipa-pipa berwarna dengan bentuk beragam . Pipa-pipa air tersebut juga disusun agar menyerupai terowongan mini. Wah, tentunya anak-anak akan betah bermain disini.

South Beach (Kolam Ombak)

South beach adalah salah satu wahana utama Jogja Bay dengan pengunjungnya yang selalu membludak. South Beach dibentuk menyerupai pantai asli lengkap dengan bibir pantai, topografi landai, dan ombak buatan yang cukup kuat. Pengunjung biasanya menikmati wahana ini sambil menaiki pelampung agar sensasi ombaknya lebih terasa. Jika anda mengunjungi tempat ini, pastikan untuk mencoba wahana ini ya.

Donte Wild River (Kolam Arus)

Jika anda bosan bermain seluncur air, anda bisa mencoba Donte Wild River. Anda dapat menaiki pelampung personal atau tandem berkapasitas 2 orang dan menyusuri kolam dibawa oleh arus yang tenang. Wahana ini cenderung bernuansa santai dan aman, sehingga cocok dinikmati oleh berbagai usia. Kolamnya pun tidak terlalu dalam, hanya 0,8 meter saja. Anda dan keluarga akan puas bersantai menikmati kolam arus dengan panjang 355 meter ini. Wahana ini dapat menjadi pilihan anda apabila anda berencana menikmati Jogja Bay dengan santai dan tenang.

Kula Playpool

Jogja Bay juga menyediakan tempat bagi anda yang hanya ingin berenang dengan santai tanpa terganggu permainan apapun. Kula Playpool memiliki kedalaman bertingkat, dengan maksimal kedalaman maksimal 1,5 meter saja. Terdapat pula gazebo di sampingnya untuk tempat anda beristirahat setelah lelah berenang.

Harbour Theatre

Teater ini merupakan panggung pertunjukan satu-satunya di Jogja Bay. Sayangnya teater ini tidak setiap hari beroperasi. Harbour teater hanya dibuka di hari minggu, tepatnya pukul 14.00 WIB. Teater ini menampilkan pertunjukan bajak laut berjudul “Jose and The Guardians” yang seru. Sebelum pertunjukan dimulai, biasanya akan ada penampilan pembuka yaitu Fire Dance. Jika anda dan keluarga ingin  melihat penampilan tersebut, pastikan untuk memesan tiket di hari minggu. 

Bermain Sambil Belajar di Museum Air ‘Water for Life’

Selain wahana yang menyenangkan, Jogja bay juga menyediakan Museum Air ‘Water for Life’. Museum ini dilansir sebagai museum pertama di Indonesia yang menyuguhkan pengetahuan terkait air. Dalam pelaksanaannya, pihak pengelola tidak tanggung-tanggung. Terdapat 13 ruangan yang telah didekorasi dengan gaya dark ride yang seru. Salah satu ruangan yang dihias dengan apik menyerupai hutan hujan tropis, untuk mengenalkan siklus air yang terjadi di dalamnya. Pengunjung juga diajak untuk memahami asal muasal, pengelolaan, dan konservasi air lewat miniatur yang disediakan. Anda bisa mengobservasi miniatur perkotaan, persawahan, dan pantai di sana. 

Satu hal yang unik dari museum ini adalah ruangan theater yang didedikasikan untuk mengedukasi tentang Selokan Mataram. Selokan yang membentang dari Kali Progo ke Sungai Opak ini adalah buah pikiran dari Sultan Hamengkubuwono IX dan termasuk dalam Pusaka Saujana. Selokan ini dibangun pada tahun 1944 dan merupakan bagian bersejarah dari kota Yogyakarta. Karena ia berperan besar dalam penyelamatan warga Indonesia dari kekejaman Romusha pada zaman penjajahan Jepang.

Museum berkonsep edutainment ini dilansir memiliki kapasitas pengunjung sebanyak 150 orang. Pengunjung dapat menikmati museum ini dengan sistem tur berkelompok. Satu kelompok dapat beranggotakan 25 hingga 30 orang. Pihak museum juga akan menyiapkan 1 tour guide untuk setiap kelompok. Ia bertugas memandu dan menjelaskan setiap informasi agar memaksimalkan pengalaman yang didapatkan dari museum ini.

Menariknya, pengunjung diharuskan memakai jaket putih khas laboratorium saat mengikuti tur. Apalagi saat memasuki area Laboratorium Air. Wah, serasa jadi ilmuwan sungguhan!  Di dalam laboratorium air nanti, pengunjung diajak untuk bereksperimen dengan unsur, sifat kimia, dan fisika air yang berhubungan dengan sehari-hari. Menarik, ya! 

Restoran di Jogja Bay

Setelah seharian penuh bermain air di Jogja Bay, anda tentunya akan merasa kelelahan. Developer telah menyediakan beberapa restoran yang menyajikan berbagai hidangan lezat yang bisa anda santap bersama keluarga. Uniknya, restoran-restoran ini didekorasi dengan nuansa bajak laut yang kental.

Jika anda penggemar western food, anda bisa mampir ke Pirates Palace. Sementara jika anda ingin mencoba menyantap hidangan barbeque, anda bisa menuju ke Gili-Gili BBQ. Dan bagi anda yang berlidah nusantara, anda dan keluarga bisa menuju Dapur Lawana.

Selain restoran dengan makanan berat, ada juga tempat yang menyediakan makanan ringan, lho. Sebut saja Pool Bar, Sekoci, dan Kruger Corner. Dan jika anda mendambakan kesegaran ice cream setelah seharian bermain di bawah panas terik, The Barrel adalah pilihan terbaik. Perlu diingat juga bahwa Jogja Bay menghimbau untuk tidak membawa makanan maupun minuman dari luar area wisata. 

Tempat Ibadah dan Lactation Room

Umat muslim yang berkunjung ke Jogja Bay pastinya butuh tempat untuk menunaikan ibadah dzuhur dan ashar. Anda tidak perlu khawatir akan hal ini. Karena developer telah menyediakan mushola untuk pengunjung. Mushola ini terletak di sebelah utara Mercusuar. Mushola ini cukup besar untuk digunakan pengunjung. Kebersihannya juga dijaga dengan baik oleh staff. Sehingga anda dapat beribadah dengan nyaman di sini. Jika anda khawatir dengan penularan virus Covid 19, anda dapat membawa sendiri perlengkapan sholat dari rumah, seperti mukenah, sajadah, dan sarung.

Sementara itu, tersedia pula lactation room bagi ibu yang membawa bayinya. Ruangan ini sendiri ditujukan untuk memberikan tempat bagi para ibu untuk melakukan perawatan pada bayi yang dibawanya. Seperti menyusui, mengganti popok, dan perawatan lain yang kurang dilakukan di luar ruangan. Sangat nyaman, bunda.   

Harga Tiket Masuk

Jika anda berencana untuk mengajak keluarga berwisata ke Jogja Bay di liburan kali ini, pastikan anda sudah mengetahui harga tiket terbarunya. dilansir dari laman resminya, harga tiket reguler per Maret 2023 adalah Rp. 125.000 per orang. Tiket ini berlaku untuk semua hari dan semua golongan usia, mulai dari 2 hingga 65 tahun. Namun biasanya pihak Jogja Bay memberikan harga promosi di waktu-waktu tertentu. Seperti saat tahun baru dan valentine. Informasi ini biasanya dibagikan melalui akun instagram resminya, @waterboomjogja. Jadi pastikan untuk follow akunnya ya!

Tersedia pula tiket group khusus untuk anda yang akan berlibur bersama rombongan. Pastinya harga tiket ini lebih murah daripada tiket reguler. Untuk info lebih lengkapnya, ada dapat menghubungi customer service di 0274 - 872 2020 atau 0821 1616 0023 (chat only). 

Pemesanan tiket dapat dilakukan melalui situs resminya, www.waterboomjogja.com. Selain itu, tiket juga bisa dipesan melalui situs booking tiket online seperti Traveloka. 

Jam Buka Jogja Bay Waterboom

Tempat wisata ini beroperasi setiap hari, weekday maupun weekend. Namun bisa dipastikan jika pengunjung akan lebih padat saat weekend atau hari libur nasional.

Adapun jam operasional spot wisata ini dimulai pukul 09.00 hingga 16.00 WIB. Disebutkan bahwa pintu masuk akan ditutup mulai pukul 15.00 WIB. Sementara pintu keluar akan ditutup pada pukul 17.00 WIB.

Mengingat ukurannya yang cukup besar, akan lebih baik bila anda dan keluarga mengunjungi tempat ini mulai pagi hari. Agar anda tidak terburu-buru dan dapat dengan puas mencoba setiap wahana yang ada.

Lokasi Jogja Bay Waterboom

Waterboom raksasa ini terletak di Jl. Jenengan Raya Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya tidak sulit untuk ditemukan. Tepatnya, di sebelah utara Stadion Maguwoharjo, Depok, Yogyakarta.

Jika anda berangkat dari Bandara Adjisutjipto Yogyakarta, anda akan sangat mudah menemukannya. Karena jarak diantaranya hanya 7,5 km. Sementara jika anda berasal dari luar kota dan memilih untuk menaiki kereta api, anda bisa turun di Stasiun Maguwo. Sedangkan jika memilih moda transportasi bus, anda bisa turun di Terminal Condong Catur.

Pilihan transportasi lainnya adalah transportasi online, seperti Grab dan Gojek. Anda dapat dengan mudah menemukan rider untuk perjalanan pulang dan pergi. Karena objek wisata ini dekat dengan banyak tempat keramaian lain di Yogyakarta.

Itulah informasi terkini mengenai Jogja Bay Waterboom. Sebelum anda dan keluarga berangkat ke lokasi, pastikan untuk menyiapkan segala kebutuhan yang akan diperlukan di sana. Seperti pakaian renang, pakaian ganti, wadah untuk pakaian basah, perlengkapan sholat, perlengkapan mandi, handuk, handphone, dan uang. Jangan lupa untuk membawa sunscreen bersama anda. Karena 80% area waterboom adalah outdoor, jadi terik matahari tidak dapat dihindari. Sunscreen dapat melindungi kulit anda dari sunburn atau terbakar panas matahari. Selamat berlibur!


Posting Komentar untuk "Jogja Bay Waterboom: Harga Tiket, Lokasi, Wahana dan Jam Buka Terbaru 2023"