Mekanisme Dan Informasi Pendaftaran Vaksinasi Covid19 Untuk Lansia (60 Tahun Keatas) di 34 Provinsis

Pendaftaran Vaksinasi Covid19 Untuk Lansia. Pemerintah berencana melaksanakan vaksinasi tahap kedua terhadap virus Covid-19 pada 17 Februari 2021. Vaksinasi tahap kedua ini diberikan kepada pekerja sektor publik dan terus melakukan vaksinasi lansia di atas 60 tahun.

Program vaksinasi tahap kedua akan dimulai pada Februari dan diharapkan selesai pada Mei 2021. Total target vaksinasi tahap kedua adalah 38,5 juta orang, terdiri dari 16,9 juta pekerja publik dan 21,5 juta lansia.

Penerapan vaksinasi virus Corona (Covid-19) sudah memasuki tahap kedua dengan target kelompok lansia (60 tahun ke atas) dan pekerja di sektor publik. Vaksinasi kelompok ini akan dimulai di Jakarta dan ibu kota provinsi di seluruh Indonesia. Namun, pada tahap awal, Jawa dan Bali menjadi prioritas karena tercatat lebih dari 65 persen kasus Covid-19 nasional .

Mekanisme Pendaftaran Vaksinasi COVID-19 Untuk Lansia

1. Melalui fasilitas kesehatan masyarakat baik di Puskesmas maupun rumah sakit pemerintah

  • Peserta mendaftar dengan mengunjungi situs resmi Kementerian Kesehatan yaitu www.kemkes.go.id dan Sehatnegeriku.kemkes.go.id, serta situs resmi Komite Penanganan COVID-19 dan National Economic Recovery (KPCPEN) di www.covid19.go. Id.
  • Di ketiga situs resmi tersebut akan terdapat link atau link yang dapat di klik oleh target vaksinasi lansia. Ada sejumlah pertanyaan yang harus diisi.
  • Saat mengisi data, peserta lansia dapat meminta bantuan dari anggota keluarga lain atau melalui ketua RT atau RW setempat.
  • Setelah peserta mengisi data di website, seluruh data peserta akan masuk ke dinas kesehatan daerah masing-masing. Selain itu, Dinkes akan mengatur jadwal, termasuk hari, waktu dan tempat vaksinasi lansia.

2. Melalui program vaksinasi yang komprehensif oleh organisasi dan instansi

Organisasi atau instansi dapat bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan atau Biro Kesehatan untuk melakukan vaksinasi massal bagi peserta lansia. Organisasi dan instansi yang telah bekerjasama akan menentukan jadwal termasuk hari, waktu dan lokasi vaksinasi untuk komunitas lansia.

Informasi Link Pendaftara Vaksin Covid19 Untuk Lansia (Usia 60 Tahun keatas)

Kementrial Kesehatan telah merilis link tautan untuk para peserta yang ingin mendaftarkan diri untuk melakukan vaksinasi di 34 kota provinsi di seluruh indonesia

Berikut Link Pendaftaran Vaksinasi Covid19 untuk Lansia

    No      KOTA/KABUPATEN      LINK PENDAFTARAN LANSIA
    01     DKI JAKARTA     dki.kemkes.go.id
    02     SERANG     serang.kemkes.go.id
    03     BANDUNG     bandung.kemkes.go.id
    04     SEMARANG     semarang.kemkes.go.id
    05     SURABAYA     surabaya.kemkes.go.id
    06     YOGYAKARTA     yogyakarta.kemkes.go.id
    07     DENPASAR     denpasar.kemkes.go.id
    08     BANDA ACEH     bandaaceh.kemkes.go.id
    09     PANGKAL PINANG     pangkalpinang.kemkes.go.id
    10     BENGKULU     bengkulu.kemkes.go.id
    11     GORONTALO     gorontalo.kemkes.go.id
    12     JAMBI     jambi.kemkes.go.id
    13     PONTIANAK     pontianak.kemkes.go.id
    14     BANJARMASIN     banjarmasin.kemkes.go.id
    15     TANJUNG SELOR     tanjungselor.kemkes.go.id
    16     PALANGKARAYA     palangkaraya.kemkes.go.id
    17     SAMARINDA     samarinda.kemkes.go.id
    18     TANJUNG PINANG     tanjungpinang.kemkes.go.id
    19     BANDAR LAMPUNG     lampung.kemkes.go.id
    20     AMBON     kotaambon.kemkes.go.id
    21     TERNATE     ternate.kemkes.go.id
    22     MATARAM     mataram.kemkes.go.id
    23     KUPANG     kupang.kemkes.go.id
    24     MANOKWARI     manokwari.kemkes.go.id
    25     JAYAPURA     jayapura.kemkes.go.id
    26     PEKANBARU     pekanbaru.kemkes.go.id
    27     MAMUJU     mamuju.kemkes.go.id
    28     MAKASSAR     makassar.kemkes.go.id
    29     PALU     palu.kemkes.go.id
    30     KENDARI     kendari.kemkes.go.id
    31     MANADO     manado.kemkes.go.id
    32     PADANG     padang.kemkes.go.id
    33     PALEMBANG     palembang.kemkes.go.id
    34     MEDAN     medan.kemkes.go.id

Ada beberapa pertanyaan yang sering dilontarkan oleh masyarakat yang berkenaan dengan vaksin covid19 ini. Swaraind.com merangkumnya sebagai berikut :

Informasi mengenai Vaksin Covid19

Bagaimana cara vaksin COVID-19 bekerja?

Secara umum, vaksin bekerja dengan merangsang pembentukan kekebalan tubuh secara spesifik terhadap bakteri/virus penyebab penyakit tertentu. Sehingga apabila terpapar, seseorang akan bisa terhindar dari penularan ataupun sakit berat akibat penyakit tersebut

Seberapa ampuh vaksin COVID-19 melindungi kita dari penularan?

Dampak vaksin COVID-19 terhadap pandemi akan bergantung pada beberapa faktor. Ini termasuk faktor-faktor seperti efektivitas vaksin; seberapa cepat mereka disetujui, diproduksi, dan dikirim; dan berapa banyak target jumlah orang yang akan divaksinasi.

Pemerintah menargetkan setidaknya 60% penduduk Indonesia secara bertahap akan mendapatkan vaksin COVID-19 agar mencapai kekebalan kelompok (herd immunity).

Bagaimana skema penerapan pemberian vaksin COVID-19 di Indonesia?

Di tahapan awal, vaksinasi COVID-19 akan diperuntukkan bagi garda terdepan dengan risiko tinggi, yaitu tenaga kesehatan dan petugas pelayanan publik. Lalu secara bertahap akan diperluas seiring dengan ketersediaan vaksin dan izinnya, yaitu penerima bantuan iuran BPJS, dan kelompok masyarakat lainnya.

Terkait perencanaan vaksinasi bertahap hal yang lebih detail, saat ini pemerintah sedang menyusun peta jalan atau roadmap yang akan menjelaskan mekanisme pelaksanaan vaksinasi COVID-19 secara menyeluruh.

Apakah vaksin COVID-19 merupakan obat?

Vaksin COVID-19 bukanlah obat. Vaksin diberikan pada orang yang sehat untuk mencegah penyakit tertentu menjangkiti orang tersebut. Vaksin COVID-19 merupakan bentuk pencegahan yang berfungsi mendorong pembentukan kekebalan tubuh spesifik pada penyakit COVID-19

Sejak kapan vaksin COVID-19 diberikan kepada masyarakat?

Masyarakat Umum Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 di Indonesia sudah dimulai pada 13 Januari 2021. Saat ini pelaksanaanya menggunakan vaksin COVID-19 produksi Sinovac dan diprioritaskan untuk tenaga kesehatan serta petugas publik terlebih dulu.

Apakah vaksin COVID-19 halal?

Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat pada tanggal 8 Januari 2021, menetapkan bahwa vaksin COVID-19 produksi Sinovac, yang diajukan proses sertifikasinya oleh PT. Bio Farma, adalah SUCI & HALAL. Hal ini disampaikan oleh Ketua MUI Bidang Fatwa KH. Asrorun Niam Sholeh, pada hari Jumat (8 Januari 2021).

Sejak kapan vaksin COVID-19 diberikan kepada masyarakat?

Masyarakat Umum Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 di Indonesia sudah dimulai pada 13 Januari 2021. Saat ini pelaksanaanya menggunakan vaksin COVID-19 produksi Sinovac dan diprioritaskan untuk tenaga kesehatan serta petugas publik terlebih dulu.

Demikian rangkuman pertanyaan masyarakat mengenai vaksin covid19, semoga membantu dan mencerahkan kita semua (Sumber : kemkes.go.id)